Liga Indonesia

3 Klub Liga 1 Bisa Datangkan Hamka Hamzah Usai Pamit dari Arema FC

Sabtu, 4 Januari 2020 10:46 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 3 klub Liga 1 2020 yang bisa mendatangkan bek kawakan Indonesia Hamka Hamzah usai menyatakan pamit dari Arema FC.

Secara mengejutkan Hamka mengutarakan isyarat tersebut melalui unggahan di akun media sosial Instagram pribadinya, Jumat (03/01/20).

"Terima Kasih seluruh keluarga @aremafcofficial atas 1,5 musimnya yang luar biasa," buka akun @hamka23hamzah.

Hamka didatangkan Arema FC pada paruh kedua musim 2018 lalu usai Sriwijaya FC mengalami masalah internal yang membuat para pemain andalannya hengkang.

Kemudian Hamka tampaknya sedikit memberikan alasan kenapa dirinya bakal pamit dari Arema FC. Padahal sebelumnya Hamka ingin pensiun di Singo Edan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Hamkahamzah23 (@hamka23hamzah) on

"Selera pelatih memang berbeda-beda dan itu hal yang Sangat Wajar dalam dunia sepak bola," sambung Hamka.

Apalagi musim 2020 menjadi edisi terakhir Hamka menjadi pemain sepak bola profesional Indonesia usai sebelumnya menyatakan ingin pensiun.

Usai nyatakan pamit, sosok Hamka tampaknya masih dilirik oleh para peserta Liga 1 2020. Apalagi Hamka memiliki jiwa seorang pemimpin di atas lapangan.

Berikut ada 3 klub Liga 1 2020 yang kemungkinan bisa mendapatkan jasa Hamka Hamzah untuk musim terakhirnya menjadi pemain sepak bola Indonesia.

1. Persik Kediri

© shutterstock.com/wikipidea.com
Logo Persik Kediri. Copyright: shutterstock.com/wikipidea.comLogo Persik Kediri.

Klub promosi Persik Kediri masih memiliki peluang untuk bisa memulangkan Hamka Hamzah jelang Liga 1 2020 berlangsung (rencana Maret).

Apalagi Persik pernah menjadi tempat bagi bek berusia 35 tahun tersebut berkarier. Tepatnya pada edisi 2003-05 dan 2008-09 silam.

Total Hamka telah membuat lima gol dari 82 penampilannya bersama Macan Putih di dua edisi. Jika Hamka pulang ke Kediri bakal membawa dampak positif bagi Macan Putih.

2. PSM Makassar

© INDOSPORT/MUHAMMAD NUR BASRI
Hamka Hamzah saat melakoni latihan bersama PSM Makassar. Copyright: INDOSPORT/MUHAMMAD NUR BASRIHamka Hamzah saat melakoni latihan bersama PSM Makassar.

Kemudian ada PSM Makassar yang bisa mengintip peluang untuk memulangkan Hamka Hamzah lagi. Sebab Hamka merupakan pemain kelahiran asli Makassar.

Hamka juga jebolan produk akademi PSM (2000-01) yang kemudian diberi kesempatan naik ke tim senior (2001-02) dengan membuat 12 penampilan saja.

Lalu pada 2017 lalu, Hamka juga sempat pulang ke PSM dengan membuat empat gol dan mengemas 30 penampilan. Andai kembali ke PSM, Hamka bisa pensiun dengan khidmat.

3. Persela Lamongan

© INDOSPORT
Logo Persela Lamongan. Copyright: INDOSPORTLogo Persela Lamongan.

Terakhir ada Persela Lamongan yang kemungkinan bisa saja mendatangkan Hamka usai pamitan dari Arema FC jelang berjalannya Liga 1 2020.

Terlebih Persela baru kehilangan Arif Satria yang memilih hengkang ke Persebaya. Sehingga pengalaman dan kemampuan Hamka sangat dibutuhkan.

Selain itu Hamka Hamzah bisa menjadi sosok panutan dan mentor bagi para pemain belakang Persela. Namun hal tersebut kembali lagi ke manajemen Laskar Joko Tingkir.