Liga Indonesia

3 Kerugian Arema FC Jika Lepas Eks Timnas Indonesia Hamka Hamzah

Sabtu, 4 Januari 2020 11:48 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
© Ian Setiawan/Indosport.com
Tampaknya ada 3 kerugian bagi Arema FC jika memang benar-benar melepas eks Timnas Indonesia (2004-2014) Hamka Hamzah. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
Tampaknya ada 3 kerugian bagi Arema FC jika memang benar-benar melepas eks Timnas Indonesia (2004-2014) Hamka Hamzah.

INDOSPORT.COM - Tampaknya ada 3 kerugian bagi Arema FC jika memang benar-benar melepas eks Timnas Indonesia (2004-2014) Hamka Hamzah.

Jelang bergulirnya pagelaran Liga 1 2020, Arema FC belum lama ini mengumumkan penunjukan pelatih baru asal Argentina Roberto Carlos Mario Gomez.

Setelah itu Arema FC belum ada lagi pergerakan di masa bursa transfer. Baru Bagas Adi Nugroho saja yang kembali pulang usai dipinjamkan ke Bhayangkara FC musim 2019.

Kini kabar mengejutkan datang usai sang kapten Hamka Hamzah memberikan pernyataan pamit dari Arema FC lewat unggahan di akun media sosial Instagram pribadinya.

"Terima Kasih seluruh keluarga @aremafcofficial atas 1,5 musimnya yang luar biasa," buka akun @hamka23hamzah, Jumat (03/01/20).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Hamkahamzah23 (@hamka23hamzah) on

Lebih lanjut Hamka juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama 1,5 musim dirinya masih banyak mengecewakan khususnya untuk Aremania dan Aremanita.

"Selera pelatih memang berbeda-beda dan itu hal yang sangat wajar dalam dunia sepak bola," sambung Hamka.

Maka dari itu andai benar-benar Arema FC tak memperpanjang masa bakti Hamka Hamzah maka ada sedikit kerugian yang bakal dialami.

1. Hilangnya Sosok Pemimpin

© aremafcofficial Verified
Hamka Hamzah dan Ridwan Tawainella melakukan selebrasi melawan PSS Sleman di Liga 1 2019 pekan ke-20 Copyright: aremafcofficial VerifiedHamka Hamzah dan Ridwan Tawainella melakukan selebrasi melawan PSS Sleman di Liga 1 2019 pekan ke-20

Melepas Hamka Hamzah sama saja dengan kehilangan sosok pemimpin di dalam lapangan. Terlebih Hamka sudah dipercaya menjadi kapten utama sejak didatangkan pertengahan 2018.

Hamka juga sosok yang bisa membuat Aremania dan Aremanita tak bertindak aneh-aneh jika terdapat insiden kurang mengenakan semisal rusuh antarsuporter.

Pengalaman Hamka dan jiwa pemimpinnya di lapangan kerap membuat mental rekan-rekannya meningkat ketika sudah tertinggal ataupun di ruang ganti.

2. Tak Ada Lagi Figur Mentor

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Bek tengah Arema FC, Hamka Hamzah berusaha lepas dari kawalan dua pemain lawan. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTBek tengah Arema FC, Hamka Hamzah berusaha lepas dari kawalan dua pemain lawan.

Kemudian dilepasnya Hamka Hamzah oleh Arema FC juga tampaknya bisa berdampak tak ada lagi figur mentor ketika berlatih kepada para pemain muda.

Terlebih ketatnya persaingan di Liga 1, figur Hamka masih bisa dibutuhkan. Sebab pengalaman serta kemampuannya di atas lapangan bisa dibagikan ke para pemain muda.

Terlebih Mario Gomez kerap mengorbitkan pemain muda dari akademi ke tim senior. Hal ini masih bisa dimanfaatkan dengan mempertahankan Hamka.

3. Krisis Bek Tengah

© Fitra Herdian/INDOSPORT
David Da Silva berduel dengan Hamka Hamzah. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTDavid Da Silva berduel dengan Hamka Hamzah.

Terakhir dilepasnya Hamka juga membuat Arema FC krisis bek tengah. Kehilangan Hamka membuat Singo Edan menyisakan tiga bek tengah saja.

Mulai dari Bagas Adi Nugroho, Ikhfanul Alam, dan Arthur Cunha (Brasil). Nama terakhir bahkan digadang-gadang bakal dilepas pasca kedatangan Mario Gomez.

Sehingga akan sangat rawan jika Hamka dilepas dan tak mendapat pengganti yang pas. Karena masa bursa transfer kali ini sangat ketat persaingannya.