Liga Indonesia

Shin Tae-yong Tak Masalah Jadi Pemadam Kebakaran di Timnas Indonesia

Senin, 6 Januari 2020 10:14 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Lanjar Wiratri
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Shin Tae-yong sering dijuluki sebagai pemadam kebakaran di negara asalnya, Korea Selatan. Agaknya julukan itu masih layak untuk disematkan ketika ia menukangi Timnas Indonesia. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Shin Tae-yong sering dijuluki sebagai pemadam kebakaran di negara asalnya, Korea Selatan. Agaknya julukan itu masih layak untuk disematkan ketika ia menukangi Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Shin Tae-yong sering dijuluki sebagai pemadam kebakaran di negara asalnya, Korea Selatan. Agaknya julukan itu masih layak untuk disematkan ketika ia menukangi Timnas Indonesia.

Setelah 18 bulan absen dari dunia sepak bola, Shin Tae-yong kini akan kembali melatih di lapangan. Negara Indonesia menjadi pilihan Tae-yong untuk menjadi pelabuhan karier selanjutnya.

Jika dilihat dari karier kepelatihannya bersama Timnas Korea Selatan, pria berusia 50 tahun itu tidak pernah diberi cukup waktu untuk membuktikan kemampuannya.

Shin Tae-yong juga selalu ditunjuk dalam keadaan mendesak. Itu sebabnya ia selalu dijuluki sebagai 'Pemadam Kebakaran'.

Setiap kali Timnas Korea Selatan berada dalam masalah, Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) selalu menunjuk Tae-yong untuk mengatasi situasi itu.

Berkat tangan dinginnya, Timnas Korea Selatan sukses menembus Perempat Final di Olimpiade Rio 2016. Ia kemudian ditunjuk sebagai pelatih kepala untuk mengawal Timnas Korea Selatan maju ke Piala Dunia U-20 di tahun 2017 silam.

Shin Tae-yong juga berjasa untuk meloloskan Timnas Korea Selatan ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Kini ia siap menjadi 'Pemadam Kebakaran' di Timnas Indonesia.

"Saya rasa ini adalah keputusan baik. Saya akan bohong jika mengatakan tidak ingin menerima tawaran besar dari China. Alih-alih uang, saya memilih waktu," ujar Shin Tae-yong dilansir dari Korea Joongang Daily.

"Bahkan jika China menawarkan kontrak besar, saya lebih tertarik ke Indonesia, karena itu menjamin saya waktu untuk menyempurnakan sepakbola yang telah saya bayangkan. Saya harus menggunakan waktu ini dengan baik," pungkasnya.

Shin Tae-yong telah menandatangani kontrak selama empat tahun bersama Timnas Indonesia. Jangka waktu tersebut dirasa cukup bagi Tae-yong untuk menciptakan gayanya sendiri dan membentuk tim sepak bola impiannya.