Liga Inggris

Antonio Conte Bikin Chelsea Rugi Hampir Setengah Triliun Rupiah

Rabu, 8 Januari 2020 18:42 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Jersey Peeps
Chelsea mengalami kerugian hingga setengah triliun Rupiah karena membayar kompensasi ke Antonio Conte beserta stafnya. Copyright: © Jersey Peeps
Chelsea mengalami kerugian hingga setengah triliun Rupiah karena membayar kompensasi ke Antonio Conte beserta stafnya.

INDOSPORT.COM - Raksasa sepak bola Inggris, Chelsea, harus mengalami kerugian hampir setengah triliun Rupiah karena harus membayar kompensasi atas pemecatan mantan pelatihnya, Antonio Conte.

Melansir dari Sky Sports, dalam buku keuangan yang ditutup pada Juni 2019 yang dipublikasikan oleh Chelsea, The Blues harus kehilangan 26,6 juta poundsterling atau sekitar Rp480 miliar hanya untuk membayar kompensasi atas pemecatan Conte.

Nilai tersebut tidak hanya mebayar Antonio Conte saja. Melainkan Chelsea juga harus membayar kompensasi untuk staf pelatih yang kini menukangi Inter Milan tersebut.

Angka tersebut cukup signifikan jika melihat nilai yang selama ini dikeluarkan Chelsea. Jika dihitung sejak diambil alih Roman Abramovich, total 90 juta poundsterling atau sekitar Rp1,6 triliun telah dikeluarkan oleh klub asal London Barat tersebut hanya untuk membayar kompensasi pelatih, termasuk Conte.

Keputusan Chelsea memecat Conte tahun 2018 silam bisa dibilang buruk. Pasalnya, pelatih berusia 50 tahun tersebut tergolong sukses menukangi The Blues selama dua musim di Inggris.

Pada musim pertamanya, yakni 2016-2017, Antonio Conter berhasil memberi gelar Liga Inggris kepada Chelsea. Dimusim keduanya, ia sempat gagal membawa Chelsea finis empat besar. Meski begitu, gelar tetap ia persembahkan bagi The Pensioner, yakni Piala FA pada musim 2017-2018.