Liga Indonesia

Seberapa Hebat Nelsinho Baptista, Pelatih yang Memenuhi Kriteria Rumor Persija Jakarta?

Rabu, 8 Januari 2020 18:13 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© blogs.ne10.uol.com.br/Bobby Fabisak/JC Imagem
Nelsinho Baptista, pelatih Liga Jepang yang dikaitkan ke klub Liga 1, Persija Jakarta. Copyright: © blogs.ne10.uol.com.br/Bobby Fabisak/JC Imagem
Nelsinho Baptista, pelatih Liga Jepang yang dikaitkan ke klub Liga 1, Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Nelson 'Nelsinho' Baptista Junior menjadi salah satu nama pelatih mengerucut yang sesuai dengan rumor di Persija Jakarta, seberapa hebatkah dia?

Dalam rumor bursa transfer, beredar kabar bahwa Persija Jakarta akan menggunakan jasa pelatih eks Liga Jepang yang pernah meraih gelar juara, untuk Liga 1 2020.

Dari nama-nama yang ada, kemudian mengerucutlah dua pelatih, Angelos Postecoglou dan Nelson 'Nelsinho' Baptista Junior. Keduanya merupakan pelatih Liga Jepang yang musim lalu meraih juara dengan klubnya masing-masing.

Namun melihat fakta bahwa Nelsinho Baptista juara di divisi dua dan Angelos Postecoglou di Divisi Utama, maka Nelsinho-lah yang rasanya lebih realistis untuk dikaitkan dengan Persija Jakarta.

Seberapa Hebat Nelsinho Baptista?

Seperti disebutkan di atas Nelsinho Baptista adalah pelatih yang meraih gelar juara divisi kedua Liga Jepang atau J-League 2 2019 bersama klubnya Kashiwa Reysol.

Gelar juara itu sendiri diberikan Nelsinho Baptista dalam kesempatan keduannya melatih Kashiwa Reysol. Di mana dirinya baru kembali bergabung dengan klub asal Chiba prefecture itu sejak 1 Februari 2019. 

Sebelum tahun lalu, Nelsinho Baptista memang sudah pernah menangani Kashiwa Reysol, yaitu dalam rentang tahun 2009 hingga 2015. 

Saat itu bahkan apa yang didapat Nelsinho Baptista lebih hebat lagi. Sebab dirinya bisa membawa Kashiwa Reysol juara J-League 2 pada tahun 2010 dan setahun berselang membawa timnya juara di divisi utama, J-League 1 2011.

Tak hanya sampai di situ, gelar juara Japanese Super Cup 2012, Emperor's Cup 2012, J-League Cup 2013 dan Suruga Bank Championship juga pernah dipersembahkannya untuk Kashiwa Reysol.

Selain sukses di Jepang bersama Kashiwa Reysol, karier kepelatihan Nelsinho Baptista juga sempat diwarnainya dengan nama klub-klub besar di Brasil. Mulai dari Corinthias, Palmeiras, Internacional, Cruzeiro, Sao Paulo hingga Flamengo yang pernah dibesutnya kala menjadi pelatih sejak tahun 1985.

Di Brasil sendiri, dua gelar juara sempat didapat Nelsinho Baptista. Juara Serie A Liga Brasil bersama Corinthias di tahun 1989/90 dan Juara Piala Brasil bersama Recife di tahun 2007/08.

Dengan segudang pengalaman dan gelar juara tersebut, Nelsinho Baptista jelas menjadi pelatih yang sangat menjanjikan untuk Persija Jakarta di Liga 1 2020. 

Tetapi meski masih sangat mungkin, kemungkinan tak mudah buat Persija Jakarta bisa mendatangkan Nelsinho Baptista di Liga 1 2020 ini, sebab pelatih yang akrab dnegan formasi 4-4-2 itu masih terikat kontrak dengan Kashiwa Reysol hingga akhir Januari 2022.