In-depth

Wander Luiz ke Persib, Begini Nasib Striker Brasil Ditangani Robert Rene Alberts

Rabu, 8 Januari 2020 12:23 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© vietnamnews.vn
Ternyata ada jejak yang cukup menggelitik akan nasib striker asal Brasil ketika ditangani Robert Rene Alberts, termasuk rumor kedatangan Wander Luiz ke Persib Bandung. Copyright: © vietnamnews.vn
Ternyata ada jejak yang cukup menggelitik akan nasib striker asal Brasil ketika ditangani Robert Rene Alberts, termasuk rumor kedatangan Wander Luiz ke Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Ternyata ada jejak yang cukup menggelitik akan nasib striker asal Brasil ketika ditangani Robert Rene Alberts, termasuk rumor kedatangan Wander Luiz ke Persib Bandung.

Wander Luiz santer dirumorkan bakal didatangkan oleh manajemen Persib Bandung untuk mengantisipasi hengkangnya striker asal Chad Ezechiel N'Douassel.

Sebab Ezechiel N'Douassel tiba-tiba ingin hengkang dari Persib mengingat dirinya masih memiliki kontrak hingga akhir Desember 2020 mendatang.

Manajemen Persib pun sigap melakukan komunikasi dengan Ezechiel akan keinginannya tersebut. Selain itu Maung Bandung juga mengincar pemain lain untuk mengantisipasi kehilangan Ezechiel.

Dari banyaknya rumor yang beredar di dunia maya, Persib bakal mendatangkan striker asal Brasil. Pemain tersebut mengerucut menjadi satu nama, yakni Wander Luiz.

Perihal akan kabar tersebut, manajemen Persib enggan buka suara terlalu banyak. Direktur PT PBB Teddy Tjahjono menjelaskan untuk menunggu.

"Nanti, sabar dulu kami sedang proses, tunggu hari resmi perkenalannya, semua nanti akan tahu,"  jelas Teddy saat dikonfirmasi awak media, Selasa (07/01/20).

Bahkan saat ini dari banyaknya unggahan di sederet akun media sosial kalau Wander Luiz telah mengikuti Instagram resmi Persib dan telah berada di Bandung.

Jika resmi ke Persib, maka klub yang berdiri sejak 1933 ini sudah melengkapi kuota pemain asing, yakni tiga non-Asia dan satu dari Asia.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts seusai pertandingan menghadapi Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (12/11/2019) Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts seusai pertandingan menghadapi Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (12/11/2019)

Akan tetapi jika Ezechiel tetap hengkang, maka Persib baru memenuhi tiga slot legiun luar negeri dari empat kuota yang ditetapkan oleh PT LIB.

Kendati begitu ada hal menarik lainnya, di mana nasib striker asal Brasil ketika ditangani Robert Rene Alberts sejauh ini cukup menjadi catatan tersendiri.

Nasib Striker asal Brasil

Berdasarkan catatan yang dihimpun dari berbagai sumber, bisa dilihat ketika Robert Alberts menangani sejumlah klub sepanjang kariernya.

Ketika menukangi klub S.League Home United musim 1999 silam, Robert Alberts mengontrak striker asal Brasil Egmar Goncalves dan sukses meraih gelar juara Liga 1 Singapura.

Selama ditangani Robert Alberts, Egmar Goncalves hanya membuat delapan gol saja dari 22 pertandingan yang dijalani. Namun Robert hanya semusim saja menukangi Home United.

Lalu ketika menukangi PSM Makassar sejak 2016, Robert Alberts pernah menangani Luiz Ricardo di ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.

© berita-sulsel.com
Mantan striker PSM Makassar asal Brasil Luiz Ricardo (kiri). Copyright: berita-sulsel.comMantan striker PSM Makassar asal Brasil Luiz Ricardo (kiri).

Striker asal Brasil itu hanya mengemas empat gol dari tiga laga awal. Tetapi dirinya mengalami cedera usai melawan Tira Persikabo (dulu PS TNI) dan akhirnya dilepas Pasukan Ramang.

Sebelum kedatangan Robert, PSM sempat mengontrak striker asal Brasil Alex da Silva de Souza. Akan tetapi pelatih asal Belanda itu memilih mendepaknya karena hanya membuat satu gol dari enam laga di ISC A 2016.

Jika ditelaah lagi, PSM sempat mendatangkan pemain kelahiran Brasil berpaspor Australia, yakni Reinaldo Elias da Costa pada awal Liga 1 2017.

Reinaldo sempat sukses membuat sembilan gol dari 13 laga. Jika Reinaldo dihitung, maka sudah empat striker asal Brasil yang pernah ditangani Robert Alberts.

Pasalnya Robert dikenal sebagai pelatih yang menyukai striker asal Eropa tetapi selalu gagal menunjukkan ketajamannya. Hal ini menjadi sinyal bagi Wander Luiz untuk bisa menjawab tantangan bermain di Liga 1.