In-depth

Menilik Kelayakan Wander Luiz Gantikan Ezechiel di Persib Bandung

Rabu, 8 Januari 2020 11:45 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Menilik kelayakan striker asal Brasil, Wander Luiz, yang dikabarkan jadi pengganti Ezechiel N'Douassel di klub Liga 1, Persib Bandung. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Menilik kelayakan striker asal Brasil, Wander Luiz, yang dikabarkan jadi pengganti Ezechiel N'Douassel di klub Liga 1, Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Menilik kelayakan striker asal Brasil, Wander Luiz, yang dikabarkan jadi pengganti Ezechiel N'Douassel di Persib Bandung.

Teka-teki masa depan Ezechiel di Persib masih menjadi tanda tanya besar. Lantaran Ezechiel masih memiliki kontrak hingga akhir 2020 mendatang.

Kabar Ezechiel ingin hengkang dari Persib berhembus pada akhir 2019 alias pasca kompetisi Liga 1 berakhir. Entah apa yang membuat striker asal Chad itu ingin pindah.

Meski begitu saat ini Persib tengah dirumorkan bakal mendatangkan dua pemain asing. Kabar tersebut menguat usai Direktur PT PBB Teddy Tjahjono memberi kode "Done 2" di akun media sosial Twitter pribadinya.

"Nanti, sabar dulu kita sedang proses, tunggu hari resmi perkenalannya, semua nanti akan tahu,"  jelas Teddy saat dikonfirmasi awak media, Selasa (07/01/20).

Berdasarkan sejumlah rumor yang beredar di dunia maya, tepatnya media sosial Twitter dan Instagram, mencuat sederet nama, seperti salah satunya adalah Wander Luiz.

Bahkan, Wander Luiz diketahui sudah mengikuti akun media sosial Instagram resmi Persib. Wander Luiz merupakan pemain yang kini berusia 27 tahun.

Sejauh ini, Persib masih memiliki tiga pemain asing, yakni Nick Kuipers (Belanda), Omid Nazari (Filipina), dan Ezechiel N'Douassel (Chad) dari jatah empat kuota legiun luar negeri.

Artinya jika Wander Luiz datang dan Ezechiel tak hengkang, maka Persib telah memenuhi jatah slot pemain asing yang telah ditetapkan oleh PT LIB.

Sementara itu, ternyata ada catatan menarik yang bisa ditelisik bersama oleh para penggemar sepak bola nasional akan kelayakan Wander Luiz gantikan Ezechiel.

Jumlah Gol Wander Luiz

© Fox Sports Vietnam
Wander Luiz, pemain asing Becamex Binh Duong Copyright: Fox Sports VietnamWander Luiz, pemain asing Becamex Binh Duong

Hal itu bisa dilihat dari catatan statistik gol yang tersaji dalam laman Soccerway, tepatnya pada data dalam sosok Wander Luiz.

Pada musim 2019, Wander Luiz sukses membuat enam gol dari 22 pertandingan bersama klub Vietnam Becamex Binh Duong, khususnya, di ajang V.League 1.

Jumlah tersebut masih kalah dengan pemain lokal Nguyen Tien Linh yang mengemas tujuh gol dari 17 laga saja, tetapi unggul dari striker asal Amerika Serikat Victor Mansaray (dua gol dari sembilan laga).

Bicara akan pengalaman, Wander Luiz tak banyak berpindah klub. Total ada tujuh tim yang pernah memakai jasa Wander Luiz sejauh ini.

Selain itu, jumlah keseluruhan gol Wander Luiz selama menjadi pemain sepak bola profesional juga masih minim, yakni 28 gol saja.

Meski sempat menjalani kurang lebih dua musim bermain di Vietnam, tetapi pakem sepak bola dengan Indonesia cukup berbeda akan ketat dan tensi panasnya.

Catatan Suburnya Ezechiel

Pemain Persib Ezechiel (kiri) dan juru taktik Maung Bandung Robert Rene Alberts (kanan)

Di sisi lain, Ezechiel N'Douassel ternyata memiliki catatan tersendiri sebelum gabung ke Persib Bandung pada pertengahan Liga 1 2017 lalu.

Ezechiel sempat bermain untuk dua klub Liga 1 Israel, tepatnya untuk Ironi Kiryat Shmona (2016-17) dan Hapoel Tel Aviv (2017) berdasarkan data Soccerway.

Bersama Ironi Kiryat Shmona, Ezehciel hanya mampu membuat giga gol saja dari 11 laga. Sedangkan untuk Hapoel Tel Aviv hanya membukukan satu gol saja dari lima pertandingan.

Krisis gol tersebut terjadi lantaran Ezechiel kurang mendapatkan menit bermain dari dua klub Israel yang pernah memakai jasa striker berusia 31 tahun itu.

Tercatat, Ezechiel cuma empat pertandingan saja bermain penuh sebagai starter (dua bersama Ironi Kiryat Shmona dan sisanya di Hapoel Tel Aviv).

Padahal, pada awal kariernya bermain di Tourbillon FC (Chad) pada musim 2006-08, Ezechiel sukses membuat 32 gol dari 54 laga di berbagai ajang.

Seiring berpindah klub, jumlah gol Ezechiel pun turun. Akan tetapi bisa bangkit lagi ketika dikontrak Persib Bandung. Dalam dua setengah musim, Ezechiel sudah membuat 36 gol dari 62 laga.

Bahkan, ketika ditukangi Robert Rene Alberts, ketajaman Ezechiel tetap terjaga. Pada 2019 saja, Ezechiel sukses membuat 15 gol dari 24 laga.

Artinya, ketajaman Wander Luiz untuk menggantikan Ezechiel masih dipertanyakan, apalagi gelaran Liga 1 dikenal cukup ganas terhadap pemain asing yang tak bisa adaptasi cepat.