Bola Internasional

Piala AFC 2020: Lalenok United Ingin Berkandang di Bali, Begini Respons PSM

Kamis, 9 Januari 2020 13:05 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, PSM Makassar, merespons niatan wakil Timor Leste, Lalenok United FC, yang ingin menggunakan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, sebagai kandang pada leg pertama play-off Piala AFC 2020.

Kurang lebih 13 hari sebelum kedua klub bersua, juara Liga Futebol Amadora Primeira Divisao Timor Leste yang menjadi tuan rumah pada leg pertama, belum juga menetapkan venue laga. Setidaknya, hingga saat ini, telah terjadi tiga kali pemindahan venue.

Awalnya, Lalenok United FC ingin bermain di Malaysia sebab stadion mereka tidak memenuhi persyaratan. Kemudian, mereka membatalkan dan ingin berkandang di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Hingga pada akhirnya memilih stadion milik Bali United sebagai venue leg pertama.

"Kami bingung. Awalnya ingin main di Malaysia, untungnya kami belum memesan tiket pesawat ke sana. Setelah itu, mereka ingin main di Bekasi dan sekarang ingin pindah lagi ke Bali," ungkap CEO PSM, Munafri Arifuddin, Rabu (08/01/20).

Karena belum pastinya venue leg pertama play-off Piala AFC 2020, CEO PSM mengaku kesulitan menentukan rute perjalanan nanti. Sebab, Pasukan Ramang tidak akan bermain di Makassar melainkan di Stadion Pakansari, Bogor, menggelar leg kedua nanti.

"Seandainya kalau main di Bekasi kami sudah tidak pulang ke Makassar, langsung ke Bogor saja. Kalau memang jadinya di Bali, kami akan lihat dulu bagaimana opsi terbaiknya," cetus Appi, sapaan akrab Munafri.

Terpisah, Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim, mengatakan Lalenok United FC tidak boleh serta merta menetapkan perubahan venue laga secara sepihak. Terlebih, perubahan venue laga harus mendapatkan izin dari AFC.

"Mereka harus menunggu respons dari PSM dulu, apakah bersedia jika main di sana? Nantinya, yang paling pertama mengeluarkan statement soal venue laga adalah AFC melalui surat resmi ke masing masing klub," jelas Sulaiman Karim.

Adapun PSM baru saja memulai persiapan menyambut play-off Piala AFC 2020. Willjan Pluim dkk. telah menggelar latihan perdana di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Rabu (08/01/20) kemarin yang dihadiri ribuan suporter.