Liga Indonesia

Siapa Sergio Farias, Pelatih Juara Liga Champions yang Dirumorkan ke Persija Jakarta?

Sabtu, 11 Januari 2020 15:43 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© gulfnews.com
Sergio Farias menjadi nama pelatih berikutnya yang dirumorkan ke klub Liga 1 2020, Persija Jakarta. Copyright: © gulfnews.com
Sergio Farias menjadi nama pelatih berikutnya yang dirumorkan ke klub Liga 1 2020, Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Sergio Farias menjadi nama pelatih berikutnya yang dirumorkan ke klub Liga 1 2020, Persija Jakarta. Siapa dia?

Belum kunjungnya Persija Jakarta mengumumkan nama pelatih baru mereka untuk Liga 1 2020 memunculkan banyak spekulasi. Sejumlah nama pelatih kemudian dikait-kaitkan dengan mereka.

Selain nama-nama tenar seperti Carlos Dunga dan Zico, belakangan Persija Jakarta juga dikaitkan dengan pelatih asal Brasil lainnya, Sergio Farias.

Buat publik sepak bola tanah air, nama Sergio Farias tentu masih sangat asing. Namun, pria Brasil berusia 52 tahun nyatanya bukan pelatih sembarangan. Sejumlah prestasi mentereng pernah diraihnya.

Apa saja, berikut INDOSPORT rangkumkan bersama profil singkatnya.

Sergio Farias

Bernama lengkap Sergio Ricardo de Paiva Farias, pria kelahiran Rio de Janeiro 9 Juni 1967 tersebut pertama kali mengawali karier kepelatihan di klub kasta rendah Liga Brasil, Sao Mateus, pada tahun 1993. Sempat berpindah ke Dahra dan Serrano, Sergio Farias dipercaya menangani Timnas Brasil U-20 pada 1998.

Setelahnya, karier Sergio Farias semakin meranjak naik. Klub Brasil, Juventus dan Santos U-20, pernah ditanganinya sebelum kembali ke Timnas Brasil U-17 dan U-20.

Setelah malang melintang di Brasil, Sergio Farias mulai peruntungan di tanah Asia. Klub Liga Korea Selatan, Pohang Steelers, adalah labuhan pertamanya di Benua Kuning.

Empat tahun di Pohang Steelers, sejumlah prestasi membanggakan berhasil digapai Sergio Farias. Mulai dari juara Liga Korea Selatan di tahun 2007, Korean FA Cup 2008, K-League Cup 2009, hingga yang paling bergengsi adalah gelar juara Liga Champions Asia 2008/09.

Sukses di level Asia, Sergio Farias pun berhasil membawa Pohang Steelers menjadi peringkat ketiga di Piala Dunia Antarklub tahun 2009.

Berkat kesuksesannya di Pohang Steelers, Sergio Farias juga sempat diganjar penghargaan Manajer Terbaik Liga Korea Selatan pada tahun 2007.

Timur Tengah

Setelah sukses di Asia Timur bersama Pohang Steelers, Sergio Farias memulai perjalanan baru di Timur Tengah. Diawali dengan menukangi klub Arab Saudi, Al Ahli, pada 2010. Setelahnya, klub Uni Emirat Arab, Al Wasl, sempat ditangani, meski keduanya tak berujung kesuksesan.

Setelah tak terlalu sukses di Timur Tengah, giliran Asia Tenggara dijajaki pelatih yang akrab dengan formasi 4-3-2-1 itu. Tepatnya di Liga Thailand, Sergio Farias menukangi Suphanburi FC selama dua tahun.

Tak terlalu bersinar di Suphanburi, dalam dua tahun terakhir Sergio Farias menghabiskan karier kepelatihannya di Timur Tengah. Bersama klub Uni Emirates Arab Al-Hilal dan Klub Mesir El Gaish.

Hanya lima bulan di El Gaish, Sergio Farias tak memiliki klub sejak November 2019, hingga akhirnya kini dikaitkan dengan klub Liga 1 2020 Persija Jakarta.