Bola Internasional

Ada Sosok ‘Van Dijk’ dalam Diri Penggawa Garuda Select asal Persib

Minggu, 12 Januari 2020 14:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Bek tangguh milik Garuda Select, Kakang Rudianto mengaku sangat mengidolakan pemain belakang milik Liverpool, Virgil van Dijk, sehingga ia mampu tampil konsisten di setiap laga uji coba.

Kakang Rudianto merupakan pemain muda klub Liga 1, Persib Bandung, yang mencuri perhatian Dennis Wise saat scouting ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Namun, adaptasi Kakang selama di Inggris memang mengalami sedikit kendala. Ia disebut ‘ditabrak kereta api’ karena sempat berselisih dengan instruksi pelatih saat di lapangan hijau.

Meski demikian, Kakang Rudianto juga menjadi andalan di setiap laga uji coba Garuda Select. Ia selalu tampil penuh dan menjabat ban kapten ketika David Maulana belum tiba di Inggris. Penampilannya juga sedikit demi sedikit mendapat pengakuan dari pelatih.

“Kakang kini telah beradaptasi. Rasa peningnya setelah ‘ditabrak kereta api’ kini telah berangsur pulih. Saya bangga dengannya. Sebagai kapten, dia sangat bertanggung jawab soal kostum latihan dan lain-lain,” puji pelatih Timo Scheunemann.

Rupanya, ada sosok panutan yang membuat Kakang Rudianto sehingga bisa membuktikan ketangguhannya di lini belakang Garuda Select. Bahkan, ia mencatatkan menit bermain paling banyak di antara pemain Indonesia lainnya.

“Saya sangat mengidolakan Hansamu Yama Pranata. Sebagai pemain belakang, ia mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik untuk rekan setimnya, terutama lini belakang,” sebutnya.

“Kalau dari luar negeri, saya mengagumi Virgil van Dijk. Selain tangguh dalam duel perebutan bola, ia selalu tampil tenang dan dapat mengambil keputusan yang tepat,” tambah wonderkid Persib Bandung U-16 tersebut.

Kakang Rudianto sempat absen dalam uji coba perdana Garuda Select di Italia menghadapi Torino U-17, Rabu (08/01/20) lalu. Ia harus pulang ke Indonesia dan menghadiri pemakaman ayahnya di Cianjur.

Namun, ia sudah siap diturunkan dalam laga uji coba menghadapi tim tuan rumah, Juventus U-17, Kamis (16/01/20) mendatang. Menarik untuk menyaksikan performa Kakang Rudianto bersama skuat Garuda Select di Italia.