Liga Indonesia

Siapa Yevhen Budnik, Pemain Timnas Ukraina yang Dikaitkan ke Persita Tangerang

Minggu, 12 Januari 2020 21:40 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© zimbio
Yevhen Budnik (jersey biru) pemain Ukraina jebolan Liga Europa yang dikaitkan ke klub Liga 1 2020, Persita Tangerang. Copyright: © zimbio
Yevhen Budnik (jersey biru) pemain Ukraina jebolan Liga Europa yang dikaitkan ke klub Liga 1 2020, Persita Tangerang.

INDOSPORT.COM - Yevhen Budnik menjadi nama pemain asing asal Ukraina yang dikaitkan ke klub Liga 1 2020 Persita Tangerang di bursa transfer, siapakah dia?

Rumor bursa transfer Liga 1 2020 menghadirkan nama baru Yevhen Budnik. Pemain yang pernah memperkuat Timnas Ukraina itu dikaitkan dengan klub promosi, Persita Tangerang.

Kedatangan Yevhen Budnik ke Persita Tangerang memang masih sebatas rumor belaka, namun untuk lebih mengenal siapa sebenarnya pemain yang berposisi sebagai penyerang itu, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT rangkumkan singkat profilnya.

Yevhen Budnik

Yevhen Budnik adalah pemain asal Ukraina kelahiran 4 September 1990. Berposisi sebagai penyerang, pemain 29 tahun itu mengawali kariernya sebagai pemain muda di akademi Arsenal Kharkiv.

Di klub asal Ukraina itu juga Yevhen Budnik mengawali karier senior pada tahun 2007. Sebelum akhirnya hijrah ke Metalis Kharkiv pada tahun 2009.

Hingga sevelum tahun 2017, karier penyerang yang juga bisa berposisi sebagai winger kiri itu lebih banyak dihabiskan di klub-klub kasta tetinggi Liga Ukraina. Selain ada juga klub Republik ceko, Slovan Liberec dan klub Belarusia Dinamo Minsk sebagai pemain pinjaman. Di Dinamo Minsk itu juga Yevhen Budnik sempat merasakan bermain di kompetisi elite Eropa, Liga Europa 2016/17.

Baru pada Februari 2017, petualangan dimulai di negara lain, Austria. Bergabung dengan klub SV Kapfenberg. Di klub yang bermain di kasta kedua Liga Autria itu Yevhen Budnik cukup banyak mendapatkan kesmepatan bermain. 

Namun dari 16 kali bermain, hanya tiga gol dan tiga asist yang berhasil diciptakannya. Sehingga semusim berselang akhirnya kemabli dilepas ke klub kasta kedua Liga Yunani AO Platanias.

Sempat pindah ke klub Yunani PAS Lamia dan klub Estonia FCI Levadia, Yevhen Budnik sebenarnya sejak September 2019 sudah berstatus sebagai pemain klub Armenia, FC Urartu.

Di FC Urartu musim ini, Yevhen Budnik terhitung subur. Dimana empat gol dan satu asist berhasil diciptakannya di sembilan pertandingan.

Sementara untuk karier di Timnas Ukraina, Yevhen Budnik pernah merasakannya di sekitar tahun 2011. Yakni kala dirinya dipercaya masuk ke dalam skuat Timnas Ukraina U-20 dan U-21.

Dengan catatan gol dan status Yevhen Budnik di FC Urartu, memang berat buat Persita Tangerang untuk mendatangkannya ke Liga 1 2020. 

Meski bukan mustahil juga, sebab Yevhen Budnik bukanlah pemain yang berharga sangat mahal. Dirinya hanya memiliki harga pasar yang relatif wajar untuk klub Liga 1 2020 seperti Persita Tangerang, seharga 250 ribu Euro atau sekitar Rp3,7 Miliar. Jika FC Uraratu mau melepasnya.