Liga Indonesia

Berkaca Saat di Manchester United dan Madrid, Melawan AS Roma Jadi Panggung Pembuktian Ronaldo

Minggu, 12 Januari 2020 19:53 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Alessandro Garofalo/Action Plus via Getty Images
Cristiano Ronaldo terhitung sering menghadapi AS Roma sejak masih di Manchester United dan Real Madrid, dan dinihari nanti di Liga Italia jadi laga pembuktian. Copyright: © Alessandro Garofalo/Action Plus via Getty Images
Cristiano Ronaldo terhitung sering menghadapi AS Roma sejak masih di Manchester United dan Real Madrid, dan dinihari nanti di Liga Italia jadi laga pembuktian.

INDOSPORT.COM - Cristiano Ronaldo terhitung sering menghadapi AS Roma sejak masih di Manchester United dan Real Madrid, dan dinihari nanti di Liga Italia jadi laga pembuktiannya.

Bigmatch pekan ke-19 Liga Italia Serie A akan mempertemukan AS Roma vs Juventus. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Olimpico dinihari waktu Indonesia itu, Senin (13/01/19), secara langsung juga akan menjadi panggung pembuktian mega bintang, Cristiano Ronaldo.

Tak berlebihan disebut sebagai panggung pembuktian buat Cristiano Ronaldo, sebab pemain asal Portugal itu baru saja mencatatkan hattrick pertamanya untuk Juventus di Liga Italia pekan lalu.

Dan di laga melawan AS Roma nanti, menjadi pembuktian apakah ketajamannya memang merupakan hal yang sahih masih ada. Atau hattrick kemarin hanya kebetulan belaka.

Sebab AS Roma sendiri bukanlah lawan yang sembarangan buat Cristiano Ronaldo. Di dua musim berjalannya bersama Juventus, belum satupun gol berhasil Ronaldo ciptakan ke gawang AS Roma. Padahal di dua klub sebelumnya, Manchester United dan Real Madrid, Ronaldo terhitung rajin membobol gawang AS Roma.

Ronaldo pertama kali menghadapi AS Roma kala berseragam Manchester United, tepatnya di perempatfinal Liga Champions 2006/07. Kala itu Ronaldo sempat menanggung malu kalah di kandang sendiri 1-2 atas AS Roma.

Sebelum akhirnya di leg kedua dirinya menggila, membawa Manchester United menang besar 7-1 di Stadion Olimpico. Kala itu Ronaldo berkontribusi lewat lesatan dua gol dan satu assist-nya.

Bersama Manchester United, Ronaldo sempat empat kali lagi bertemu AS Roma di Liga Champions. Namun dari empat kesempatan itu, hanya sekali Ronaldo bisa mencetak gol ke gawang AS Roma. Yakni di leg pertama perempatfinal Liga Champions 2007/08.

Berbeda kisah ketika Ronaldo hijrah ke Real Madrid. Di klub asal Spanyol itu, Ronaldo selalu bisa menunjukkan kualitasnya kala berhadapan melawan AS Roma.

Sebab dalam dua pertemuan melawan klub Ibukota Italia itu, tak sekalipun Ronaldo yang berseragam Real Madrid, gagal menghadirkan kemenangan. Bahkan dalam dua pertandingan itu dirinya selalu bisa mencetak masing-masing satu gol.

Sebaliknya juga ketika datang ke Juventus. Ronaldo yang sudah dua kali bermain melawan AS Roma, justru tak sekalipun bisa mencetak gol. Bahkan tampil penuh dalam 180 menit, pemain 34 tahun itu hanya bisa membawa timnya sekali menang, dan lainnya berujung kekalahan.

Untuk itu, maka tak berlebihan rasanya jika laga pekan ke-19 Liga Italia AS Roma vs Juventus nanti disebut sebagai laga pembuktian kualitas dan ketajaman seorang Cristiano Ronaldo.

© transfermarkt
Statistik Cristiano Ronaldo saat melawan AS Roma sepanjang sejarah. Copyright: transfermarktStatistik Cristiano Ronaldo saat melawan AS Roma sepanjang sejarah.