Liga Indonesia

Bojan Hodak Punya Metode Sendiri untuk Tingkatkan Fisik Pemain PSM Makassar

Senin, 13 Januari 2020 08:28 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Lanjar Wiratri
© Adriyan AdirizkyINDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bojan Hodak, mempunyai metode tersendiri untuk meningkatkan fisik Willjan Pluim dkk. Copyright: © Adriyan AdirizkyINDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bojan Hodak, mempunyai metode tersendiri untuk meningkatkan fisik Willjan Pluim dkk.

INDOSPORT.COM - Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bojan Hodak, mempunyai metode tersendiri untuk meningkatkan fisik Willjan Pluim dkk. Sebagaimana diketahui, kebugaran pemain menjadi pekerjaan pertama seorang pelatih sepakbola setiap memasuki masa pra musim.

Hodak yang telah menggelar latihan pra musim di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, sejak Rabu (08/01/20) lalu, tidak langsung menggenjot fisik pemainnya. Ia justru memadukannya dengan latihan taktikal sebab memiliki alasan tersendiri.

"Tidak lama lagi kami akan melakoni play-off Piala AFC. Saya tidak hanya fokus mengasah penyelesaian akhir. Tapi juga fokus meningkatkan kebugaran fisik pemain," ungkap Hodak, Minggu (12/01/20).

"Saya akan melakukannya secara perlahan-lahan. Bisa saja, saya memberikan latihan berat lalu lebih meningkatkan intensitasnya lagi pada keesokan harinya dan seterusnya," tambah pelatih sepakbola berpaspor Kroasia ini.

Adapun alasan lain eks pelatih Johor Darul Takzim dan Shandong Luneng ini mengombinasikan latihan fisik dengan taktikal untuk menghindari kejenuhan para pemainnya. Sehingga, Hodak tidak hanya memaksa Pluim dkk. terus berlari mengelilingi lapangan saja.

"Ketika saya memberikan latihan untuk berlari dengan bola sambil melakukan penyelesaian akhir, mereka tidak akan menyadarinya. Tapi kalau hanya berlari saja tanpa bola, pemain akan jengkel dan cepat bosan," jelas pelatih sepakbola berusia 48 tahun ini.

Dalam waktu dekat, PSM akan melakoni laga perdananya pada musim 2020 dengan menghadapi wakil Timor Leste, Lalenok United FC, diajang play-off Piala AFC 2020. Leg pertama akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Rabu (22/01/20) dan leg kedua di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (29/01/20).