Liga Inggris

Mulia! Kiper Brighton Sumbang Australia Ratusan Juta Rupiah

Selasa, 14 Januari 2020 01:30 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Rafif Rahedian
© Getty Images
Kiper Brighton & Hove Albion, Mathew Ryan, menyumbangkan ratusan juta Rupiah yang berasal dari 56 penyelamatan di pekan ke-22 Liga Inggris Copyright: © Getty Images
Kiper Brighton & Hove Albion, Mathew Ryan, menyumbangkan ratusan juta Rupiah yang berasal dari 56 penyelamatan di pekan ke-22 Liga Inggris

INDOSPORT.COM - Aksi mulia kembali ditunjukkan di dunia sepak bola setelah kiper Brighton, Mathew Ryan, akan mendonasikan uang sebesar 500 dollar Australia (Rp4,7 juta) ke tanah kelahirannya untuk setiap satu penyelamatan yang terjadi di Liga Inggris.

Melansir dari Sky Sports, kiper yang berasal dari negeri Kanguru ini benar-benar menunjukkan kepeduliannya ke tanah kelahirannya. Ryan bahkan telah mendonasikan uang sebesar 15 ribu poundsterling (Rp267 juta) sejauh ini.

Nominal tersebut didapat Mat Ryan usai 56 penyelamatan terjadi pada pekan ke-22 Liga Inggris musim 2019/20. Kiper Brighton ini bahkan telah mengirimkan uang tersebut untuk disumbangkan ke Australia yang tengah dilanda kebakaran hutan.

Apa yang dilakukan Ryan terbilang heroik. Pasalnya yang dilakukan kiper berusia 27 tahun ini untuk membantu penanganan tanah kelahirannya yang dilanda kebakaran hutan hebat.

Setidaknya hingga artikel ini dimuat, 28 orang telah meninggal dunia dan ratusan orang harus kehilangan rumah akibat kebakaran hutan seluas 11,2 juta hektar yang terjadi di Australia.

Apa yang dilakukan Mat Ryan bukanlah barang baru di dunia olahraga. Selain kiper Brighton tersebut, pembalap Formula 1, Lewis Hamilton, juga melakukan hal yang sama dengan menyumbang 500 ribu dolar (Rp6,8 miliar) untuk kebakaran hutan di Australia.