Liga Champions

Tottenham Hotspur Pecundangi Chelsea Sebagai Klub Terkaya di London

Selasa, 14 Januari 2020 15:38 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Visionhaus/GettyImages
Tottenham Hotspur menjadi klub terkaya di London setelah tampil sebagai finalis Liga Champions 2018-2019. Copyright: © Visionhaus/GettyImages
Tottenham Hotspur menjadi klub terkaya di London setelah tampil sebagai finalis Liga Champions 2018-2019.

INDOSPORT.COM - Tottenham Hotspur berhasil menggeser Chelsea sebagai klub terkaya di London setelah berhasil mencapai babak final Liga Champions musim 2018-2019.

Seperti yang dikutip dari Standard, Spurs berhasil merangsek ke 10 besar atas pencapaiannya musim lalu yang berhasil meraih final Liga Champions. Pencapaian tersebut membuat The Lilywhites merangsek ke peringkat kedelapan klub terkaya versi Deloitte.

Tottenham Hotspur meraih pertumbuhan keuangan sebesar 21 persen dengan total 459 juta poundsterling (Rp8 triliun) dan menggeser Chelsea ke peringkat sembilan.

Pendapatan super fantastis Spurs tersebut paling banyak didapat dari hak siar usai menjadi finalis Liga Champions. Tetangga The Lilywhites, Arsenal, justru bernasib sial. 

Akibat kealpaan Arsenal bermain di Liga Champions, The Gunners harus turun ke peringkat ke-11 dan hanya mendapat pertumbuhan satu persen saja berkat kontrak anyar dengan salah satu apparel terkemuka.

Hal ini membuat Tottenham Hotspur dapat membusungkan dada sebagai klub terkaya di London setidaknya dari musim lalu. Keuntungan yang didapat pun disebut akan memberi dampak positif dalam kestabilan finansial klub.

Sayangnya, pencapaian tersebut tidak diimbangi prestasi memuaskan di kancah Liga Inggris musim ini. Mereka terdampar di posisi 8 klasemen sementara dengan 30 poin. Apakah Tottenham Hotspur bisa berlaga di Liga Champions musim depan?