Liga Indonesia

3 Pemain Top Eropa Pernah Duel Dengan Legiun Anyar Tira Persikabo

Rabu, 15 Januari 2020 10:13 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© kups.fi
Terdapat 3 pemain top Eropa yang pernah berduel dengan legiun anyar Tira Persikabo asal Finlandia Petteri Pennanen. Copyright: © kups.fi
Terdapat 3 pemain top Eropa yang pernah berduel dengan legiun anyar Tira Persikabo asal Finlandia Petteri Pennanen.

INDOSPORT.COM - Terdapat 3 pemain top Eropa yang pernah berduel dengan legiun anyar Tira Persikabo asal Finlandia Petteri Pennanen.

Petteri Pennanen resmi didatangkan Tira Persikabo untuk menyambut pagelaran Liga 1 2020. Ajang tersebut rencananya bakal dimulai pada Maret 2020.

Kabar kedatangan Pennanen disampaikan langsung oleh manajemen lewat unggahan video di akun media sosial Instagram resmi Tira Persikabo.

Wilujeng enjing lur! Sudah datang, cik saha?,” tulis akun @officialpersikabo, Selasa (14/01/20).

Video tersebut memperlihatkan akan kedatangan Pennanen ditemani dengan seorang pria yang menjemputnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Lalu Pennanen menaiki sebuah mobil untuk menyusuri jalanan menuju hotel di daerah kawasan Bogor, Jawa Barat. Video berakhir ketika Pennanen masuk ke dalam kamar.

Pennanen menjadi rekrutan pemain asing kedua Tira Persikabo setelah sebelumnya memperpanjang masa bakti winger asal Brasil Ciro Alves.

Pada masa bursa transfer seperti ini Tira Persikabo tampaknya masih akan menambah pemain. Untuk legiun asing masih menyisakan dua slot lagi.

Pennanen diketahui merupakan pemain dengan tinggi 181 cm dan berusia 29 tahun. Posisi utamanya adalah gelandang serang dan bisa menjadi winger kiri serta pemain tengah.

Selain itu Pennanen juga pernah mencicipi seragam Timnas Finlandia dari berbagai kelompok usia, yakni U-17. U-18, U-19, dan U-21.

Meski demikian pada kenyataannya terdapat fakta menarik yang dimiliki sosok Pennanen. Hal apa yang dimaksud? Simak ulasan berikut.

Lawan Pemain Top Eropa

© Reuters
Toni Kroos mencetak gol kemenangan Jerman atas Swedia di Piala Dunia 2018. Copyright: ReutersToni Kroos mencetak gol kemenangan Jerman atas Swedia di Piala Dunia 2018.

Fakta menariknya adalah ternyata Pennanen sempat melawan tiga pemain top Eropa. Pemain tersebut ialah Jan Oblak (Atletico Madrid), Toni Kroos (Real Madrid), dan Kevin Trapp (Eintracht Frankfurt).

Pertemuan duel Pennanen melawan Jan Oblak terjadi ketika Finlandia U-21 bersua Slovenia U-21, 10 Agustus 2011 di ajang Kualifikasi Liga Eropa U-21.

Partai yang berlangsung di Stadion Porin ini harus berakhir dengan skor 1-0 untuk Pennanen yang membela Finlandia U-21. Namun Pennanen gagal membuat gol ke gawang Slovenia U-21 Jan Oblak.

Berikutnya pertemuan Pennanen dengan Toni Kroos dan Kevin Trapp terjadi pada pertandingan uji coba internasional Jerman U-19 vs Finlandia U-19.

Pertandingan yang berlangsung 27 Maret 2009 silam di Stadion Sparda-Bank-Hessen ini berakhir dengan skor 7-0 untuk tim tuan rumah.

Toni Kroos bahkan mampu membuat trigol (hattrick) pada laga tersebut dan Trapp sukses menjaga nirbobol (clean sheet). Sedangkan Pennanen harus gigit jari karena tak bisa berbuat banyak.

Kini, Pennanen bakal memulai petualangan baru di Indonesia. Sebab sepanjang karier, Pennanen hanya tampil di daratan Eropa saja (Finlandia, Polandia, dan Belanda).