Liga Spanyol

Resmi Gantikan Valverde, Setien Sebut Barcelona Bukan soal Messi Saja

Rabu, 15 Januari 2020 09:14 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Alex Caparros/GettyImages
Pelatih klub LaLiga Spanyol, Barcelona, yakni Quique Setien, yakin kekuatan skuatnya ada pada kolektivitas tim. Copyright: © Alex Caparros/GettyImages
Pelatih klub LaLiga Spanyol, Barcelona, yakni Quique Setien, yakin kekuatan skuatnya ada pada kolektivitas tim.

INDOSPORT.COM - Usai resmi menggantikan Ernesto Valverde, Quique Setien menyebut Lionel Messi bukanlah segalanya di raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona.

Pelatih berusia 61 tahun itu justru mengatakan, Barcelona hebat karena seluruh pemain yang bisa menjadi pilar utama sebuah tim. Meski demikian, Setien tidak membantah dirinya merasa terhormat bisa bekerja sama dengan Messi.

"Saya sudah bilang jika ini soal banyaknya pemain, saya memang memiliki kekaguman padanya (Messi), tapi kenyataan berbeda dan siapa pun memiliki tempat sendiri-sendiri," ujar Quique Setien dilansir Football Espana.

"Saya selalu menonton Barcelona dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir melalui tayangan televisi. Bisa menukangi pemain beserta rekan-rekan tim terbaik di dunia merupakan suatu kehormatan besar," tutupnya.

Messi sendiri sebelumnya memang menjadi tokoh ikonik Barcelona dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. La Pulga alias si Kutu dianggap menjadi sosok pemenangan Blaugrana dalam beberapa kompetisi besar seperti LaLiga Spanyol.

Berbagai kalangan pun menyebut sosok Lionel Messi merupakan jantung utama Barcelona. Mereka pun tidak segan-segan menuding pencapaian luar biasa Valverde selama tiga musim menjabat pelatih berkat peran besar sang winger Timnas Argentina tersebut.

Di sinilah Quique Setien mencoba menghapus pola pemikiran itu, dengan alasan jika kesuksesan Barcelona bukanlah soal Messi seorang. Resmi gantikan Ernesto Valverde membuatnya optimistis bisa memajukan tim yang bermarkas di Camp Nou itu.