Liga Indonesia

4 Klub Bersaing Jadi yang Terbaik di Piala Pertiwi Zona Sulsel 2020

Kamis, 16 Januari 2020 18:17 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Media ASBW Sulsel
Ketua ASBW Sulsel, Abdur Razak memberi penjelasan terkait Piala Pertiwi 2020 zona Sulsel. Copyright: © Media ASBW Sulsel
Ketua ASBW Sulsel, Abdur Razak memberi penjelasan terkait Piala Pertiwi 2020 zona Sulsel.

INDOSPORT.COM - Sebanyak empat klub bersaing menjadi yang terbaik di ajang Piala Pertiwi Zona Sulsel 2020. Kejuaraan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Provinsi Sepak Bola Wanita (ASBW) Sulsel di Lapangan Karebosi, Makassar, 15-18 Januari 2020.

Keempat klub tersebut antara lain Askab PSSI Pangkep, Askab PSSI Maros, serta Rajawali Global Cakrawala (RGC) yang mengikutkan dua klub sekaligus. Mereka yang keluar sebagai juara akan mewakili Sulsel pada Piala Pertiwi Zona Nasional nanti.

"Piala Pertiwi ini turnamen paling bergengsi setara Liga 1 untuk sepakbola wanita. Jadi setiap provinsi wajib menggelar kompetisi lokal terlebih dahulu jika ingin mempunyai wakil ditingkat nasional," ungkap Ketua Umum ASBW Sulsel, Abdur Razak, Rabu (15/01/20).

Adapun minimnya peserta pada Piala Pertiwi Zona Sulsel 2020 ini disebabkan mepetnya waktu pendaftaran yang dibuka. Selain itu, Abdur Razak juga menyebut kalau saat ini hanya beberapa daerah saja di Sulsel yang sudah membentuk Askab maupun Askot.

"Pembentukan Askab ataupun Askot belum sempat, jadi dari 24 Kabupaten/Kota yang ada di Sulsel hanya empat klub yang berpartisipasi. Sebelumnya ada enam klub yang mendaftar di Piala Pertiwi, cuma tiba-tiba dua klub membatalkan, mungkin karena faktor cuaca," jelas ia lagi.

Piala Pertiwi Zona Sulsel 2020 akan menerapkan sistem kompetisi penuh, dimana keempat klub yang berpartsipasi akan saling bertemu. Sehingga, klub yang memiliki poin terbanyak berhak menjadi juara dan mewakili Sulsel ke Zona Nasional pada Februari nanti.