Liga Indonesia

Kalahkan Babel, Sumatera Selatan Juara Piala Pertiwi 2019

Sabtu, 4 Mei 2019 09:19 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Sumatera Selatan keluar sebagai kampiun Piala Pertiwi 2018 usai kalahkan Bangka Belitung 2-1 pada partai final. Copyright: © PSSI
Sumatera Selatan keluar sebagai kampiun Piala Pertiwi 2018 usai kalahkan Bangka Belitung 2-1 pada partai final.

INDOSPORT.COM - Tim sepak bola wanita Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil mengukuhkan diri menjadi juara Piala Pertiwi 2019 setelah mengalahkan Bangka Belitung (Babel) di partai final dengan skor tipis 2-1 di Lapangan NYTC, Sawangan, Depok, Jumat (03/05/19) petang. 

Sumsel terlebih dahulu membuka keunggulan tepatnya pada menit ke-15 melalui aksi Febriana Kusumaningrum, yang memanfaatkan bola rebound untuk membobol gawang Babel. Skor ini pun bertahan hingga turun minum babak pertama.

Pada babak kedua, Sumsel lantas menambah keunggulan pada menit ke-42 melalui titik penalti. Nisma Francida Rusdiana yang menjadi algojo sukses mengeksekusinya dengan baik.

Selanjutnya, Babel mencoba tampil lebih menekan dan berhasil memperkecil kedudukan pada menit ke-51, melalui gol yang dilesakkan Vivi Oktavia Riski, sayangnya Babel tak mampu menambah gol hingga wasit peluit panjang, sekaligus memastikan Sumsel sebagai juara tahun ini.

Usai laga, direktur teknik PSSI, Danurwindo mengatakan momen Piala Pertiwi tahun ini bisa menjadi awal membangun sepak bola wanita di Tanah Air.

Ia berharap masyarakat turut membantu, mengenalkan dan men-support anak-anak muda yang memiliki ketertarikan dengan olahraga si kulit bundar.

"Kalau bicara tingkat internasional sepak bola wanita ini sudah ada. Kalau tak ada kompetisinya, maka enggak jalan. Masyarakat harus ikut memperkenalkan menurut saya, PSSI juga mesti berpikir bagaimana memasalkan sepak bola putri sehingga dikenal masyarakat," katanya.

"Saat Piala Pertiwi ini animo masyarakat lumayan, tapi harus dibuat juga di tempat lain, sehingga masyarakat tahu apa sepak bola putri dan buat banyak orang main sepak bola. Ini juga harus di-support orang tua karena kita masih berhubungan dengan hal yang pantas atau tidak (wanita main sepak bola)," kata Danurwindo.

Sementara itu, dalam perebutan peringkat ketiga Piala Pertiwi 2019, D.I Yogyakarta berhasil unggul 1-0 atas DKI Jakarta. Gol tunggal kemenangan Yogyakarta diciptakan Okta Berti Hardiyanti pada menit kesembilan.

 Muhammad Zohri Buka-bukaan Usai Jadi Manusia Tercepat Indonesia

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM