Liga Indonesia

Sebelum ke Persija, Sergio Farias Sudah 'Berguru' kepada Teco dan Tavares

Jumat, 17 Januari 2020 14:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
CEO Persija Jakarta, Ferry Paulus, memberikan keterangan pers soal perkenalan pelatih baru Sergio Farias menjelang Liga 1 2020. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
CEO Persija Jakarta, Ferry Paulus, memberikan keterangan pers soal perkenalan pelatih baru Sergio Farias menjelang Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Pelatih anyar Persija Jakarta, Sergio Farias, mengaku sudah mengetahui kultur sepak bola Indonesia. Sebelum datang ke Tanah Air, juru taktik asal Brasil itu mencari tahu melalui beragam artikel di media online.

Tak hanya itu, Farias juga berguru dari dua pelatih Brasil yang sudah terlebih dulu berkarier di Indonesia, yakni Stefano Cugurra dan Edson Tavares yang musim lalu menangani Persija selama hampir separuh musim.

"Sebelum ke sini, saya sudah mencari tahu soal kultur dan melihat setiap hari bagaimana soal permainan di Liga 1," kata Sergio Farias, Jumat (17/1/20).

"Saya cari informasi soal liga dari pelatih asal Brasil seperti Teco (Stefano Cugurra), Edson Tavares. Saya tanya ke mereka dan saya siap menerapkan filosofi dan menyesuaikan dengan karakter sepak bola di sini," imbuhnya.

Lebih lanjut, Sergio Farias optimistis bisa membawa Persija Jakarta berjaya. Namun, ia membutuhkan waktu beradaptasi karena baru pertama kali berkarier di Indonesia serta dihadapkan dengan para pemain yang belum diketahui karakternya.

"Sebelum datang ke Korea Selatan (Pohang Steelers) tim itu belum juara dan semua sangat sulit, tapi saya bilang butuh waktu setiap hari untuk membuat tim menjadi juara. Tak ada yang tahu soal tim baru, tim sudah punya pemain dan saya harus bisa meraciknya," pungkas Sergio Farias.

Sekadar mengingatkan, Persija Jakarta sedang berbenah untuk mengejar target lebih tinggi di Liga 1 2020 menyusul keterpurukan musim lalu meski menyandang status juara bertahan.