Liga Indonesia

Apa Kabar Febriyanto Wijaya? Wonderkid PSM Makassar yang Pernah Bergabung ke VfB Stuttgart

Sabtu, 18 Januari 2020 07:40 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mungkin tak banyak yang tahu kalau PSM Makassar pernah memiliki sosok wonderkid berbakat dalam diri Febriyanto Wijaya. Lantas, apa kabar penyerang yang pernah menimba ilmu di klub Bundesliga Jerman, Vfab Stuttgart ini?

Saat ini, pria kelahiran 20 Februari 1990 ini lebih banyak dikenal sebagai manajer Akademi PSM Makassar yang berada di Mamuju, Sulawesi Barat. Padahal, Anto, sapaan akrabnya, dulunya digadang sebagai calon penyerang masa depan Indonesia.

Anto memulai karier junior di salah satu sekolah sepakbola di Kota Daeng yakni Makassar Football School (MFS) 2000. Ia membawa MFS 2000 berpartisipasi di ajang Piala Dunia Danone U-12 yang digelar di Prancis selama dua musim berturut-turut.

Setelah itu, Anto masuk ke dalam akademi PSM Makassar dari tahun 2003 hingga 2006. Setahun berselang, pria yang menyukai angka 37 ini menggemparkan sepakbola Indonesia dengan bergabung ke VfB Stuttgart.

Setahun menimba ilmu bersama klub raksasa Bundesliga Jerman tersebut, Anto memutuskan kembali berkarir di PSM. Setelah itu, ia hengkang ke sejumlah klub, antara lain Persipura Jayapura dan Persela Lamongan.

Untuk level timnas, Anto tercatat pernah mempekuat Timnas Indonesia U-14, U-16, dan U-17. Sebelum pada akhirnya, ia memutuskan pensiun dini di usianya yang baru 24 tahun dan banting stir menjadi legislator di Mamuju.

Lantas, apa kabar Febriyanto Wijaya saat ini? Redaksi berita INDOSPORT berkesempatan menemuinya beberapa waktu lalu saat menyaksikan latihan pra musim di Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Berikut kami sampaikan untuk anda.

Febriyanto Wijaya tercatat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamuju sejak periode 2014 hingga 2019. Pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun lalu, ia kembali terpilih menjadi anggota dewan.

"Selain menjadi anggota dewan, saya juga sibuk menjadi bapak rumah tangga yang baik," ungkap Febriyanto Wijaya sembari tersenyum lebar kepada redaksi berita INDOSPORT, Sabtu (14/01/20) lalu.

© Instagram @febriantowijaya
Febriyanto Wijaya bersama keluarganya. Copyright: Instagram @febriantowijayaFebriyanto Wijaya bersama keluarganya.

Pensiun dini pada usia 24 tahun dan menjadi legislator, tidak membuat kehidupan Anto jauh dari dunia si kulit bundar. Ia mendirikan SSB Mitra Manakarra di Mamuju yang kemudian berafiliasi sebagai Akademi PSM Makassar sejak akhir tahun 2017 lalu.

"Sekarang saya menjabat manajer di akademi PSM. Kami mencoba untuk memproduksi pemain sendiri. Semoga dalam lima sampai 10 tahun ke depan sudah bisa dilihat hasilnya," tutur pria berusia 29 tahun ini lagi.

Selain itu, Anto juga diketahui memiliki klub di Mamuju yang diberi nama OTP 37 Mamuju. Menyoal prestasi, klub yang berdiri tahun 2015 ini menjadi juara Liga 3 Zona Sulbar sebelum mentok pada Babak 32 Besar Zona Nasional pada musim 2018 silam.

Itulah sekelumit kisah dan kabar terkini Febriyanto Wijaya, wonderkid PSM Makassar yang pernah bergabung ke VfB Stuttgart.