Liga Indonesia

Mengenal Ola Toivonen, Sahabat Ibrahimovic yang Jadi Lawan Bali United di Liga Champions Asia

Senin, 20 Januari 2020 19:07 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© forum.insidesport.com.au
Mengenal Ola Toivonen, Sahabat Ibrahimovic yang Jadi Lawan Bali United di Liga Champions Asia Copyright: © forum.insidesport.com.au
Mengenal Ola Toivonen, Sahabat Ibrahimovic yang Jadi Lawan Bali United di Liga Champions Asia

INDOSPORT. COM - Ola Toivonen, nama pemain Melbourne Victory yang juga sahabat Zlatan Ibrahimovic ini, diketahui bakal jadi calon lawan Bali United di Liga Champions Asia.

Bali United dalam waktu dekat memang akan kembali mentas di perhelatan Liga Champions Asia. Masih dari tahap kualifikasi, Bali United selaku wakil Indonesia bakal jumpa klub Liga Australia, Melbourne Victory, Selasa (21/01/20) esok.

Laga nanti mungkin akan berjalan sulit untuk Bali United. Maklum saja, pertandingan bakal dihelat di markas Melbourne Victory, AAMI Park.

Skuat asuhan Stefano Cugurra Teco pun harus selihai mungkin meredam tekanan suporter lawan. Jika sampai keteteran, Bali United kemungkinan besar bakal pulang dari Australia dengan tangan hampa.

Kesulitan yang akan dihadapi Bali United jelas bukan hanya faktor status tim tandang saja. Bali United harus pula mencermati, bahwa di dalam skuat Melbourne Victory terdapat pemain top yang merupakan sahabat dari Zlatan Ibrahimovic, Ola Toivonen.

Kiprah Toivonen bersama Melbourne Victory dimulai pada tahun 2018 lalu. Tepat 30 Agustus 2018, Toivonen memutuskan gabung Melbourne Victory, setelah meninggalkan klub Prancis, Toulouse.

Sejak bergabung, Toivonen langsung mendapat peran krusial. Buktinya, Transfermarkt mencatat kalau Toivonen kini bertindak sebagai kapten tim Melbourne Victory.

INDOSPORT lantas coba mengulas lebih jauh soal profil dari Toivonen. Berikut profil singkat Toivonen, sahabat Ibrahimovic yang jadi lawan Bali United di Liga Champions Asia.

Kebersamaan dengan Ibrahimovic

Ola Toivonen memang memiliki hubungan yang spesial dengan penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic. Hal itu tak lepas dari peran krusial keduanya bagi Timnas Swedia.

Sejak debut pada tahun 2007, Toivonen tercatat sudah 64 kali membela Timnas Swedia dan mencetak total 14 gol. Sementara Ibrahimovic yang kini telah pensiun dari level internasional, total mampu membukukan 116 penampilan serta 62 gol.

Kebersamaan terakhir Toivonen dan Ibrahimovic yang mungkin layak dikenang adalah laga Kualifikasi EURO 2016 kontra Moldova. Laga itu merupakan partai keenam Grup G, yang mana Swedia harus menang untuk mengamankan tiket babak play-offs.

Ibrahimovic tampil lebih dulu sejak menit awal bagi lini depan Timnas Swedia. Kalau Toivonen, harus menunggu dari bangku cadangan sampai akhirnya dimainkan pada menit ke-57.

Menariknya, kala itu Toivonen turun berlaga untuk menggantikan peran Ibrahimovic. Laga sendiri kemudian disudahi dengan skor 2-0 untuk kemenangan Timnas Swedia.

Kenangan manis juga tercipta dalam laga EURO 2012 Grup D antara Swedia vs Prancis. Toivonen tampil berduet bersama Ibrahimovic di lini depan, dan membawa Swedia menang 2-0.

Jalinan hubungan antara Toivonen dan Ibrahimovic terus terbina hingga penghujung tahun 2019 lalu. Toivonen mengaku ke publik, bahwa dirinya kerap dihubungi Ibrahimovic dan ditanyai soal Liga Australia.

Sebelum gabung AC Milan, Ibrahimovic memang dikaitkan dengan klub Liga Australia, Perth Glory. Toivonen pun sempat menyinggung, agar Perth Glory menyiapkan kemampuan finansial mumpuni untuk menggaji Ibrahimovic.

"Saya berharap Perth (Glory) mempunyai cek yang besar untuk Ibrahimovic," ujar Toivonen seperti dikutip dari Foxsports.


Melejit di Eropa

Kiprah Ola Toivonen kini memang dihiasi di Liga Australia saja. Namun jauh sebelum membela Melbourne Victory, Toivonen diketahui sempat menapaki karier melejit di Eropa.

Tepatnya saat Toivonen masih membela klub Eredivisie Belanda, PSV Eindhoven dari 2009-2014. Kala itu, Toivonen sukses mencetak 78 gol dan 32 assist dari 199 penampilan untuk PSV.

Toivonen juga pernah membawa PSV berjaya. Musim 2011/12 dan pada tahun 2013, Toivonen secara bergantian mampu memberikan gelar Piala Belanda serta Piala Super Belanda.

Sayangnya, selepas meninggalkan PSV, karier Toivonen mengalami penurunan. Toivonen terus pindah-pindah klub, dari Stade Rennais, Sunderland, Toulouse, hingga kini berlabuh di Melbourne Victory.