Liga Indonesia

'Besar Mulut', Top Skor Timor Leste Sesumbar Bisa Bantai PSM Makassar

Rabu, 22 Januari 2020 05:01 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© twitter.com/AFCCup
Top skor Timnas Timor Leste, Rufino Walter Gama, sesumbar membawa klubnya, Lalenok United, menundukkan PSM Makassar. Copyright: © twitter.com/AFCCup
Top skor Timnas Timor Leste, Rufino Walter Gama, sesumbar membawa klubnya, Lalenok United, menundukkan PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Top skor Timnas Timor Leste, Rufino Walter Gama, sesumbar membawa klubnya, Lalenok United, menundukkan PSM Makassar saat menjadi tuan rumah pada leg pertama play-off Piala AFC 2020 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (22/01/20).

Pengoleksi tujuh gol dari 18 laga untuk Timnas Timor Leste ini yakin mampu memenangkan laga nanti. Gama semakin percaya diri dikarenakan telah melakukan persiapan yang sangat matang sejak tiga bulan lalu.

"Persiapan sudah bagus untuk menghadapi PSM. Seperti yang dikatakan pelatih tadi, kami datang dari Timor Leste ke sini (Bali) dengan semua persiapan sudah matang," ungkap Gama saat sesi jumpa pers pra laga, Selasa (21/01/20).

Mengenai leg pertama play-off Piala AFC 2020 yang tak digelar di Stadio Municipal, Dili, Timor Leste, Gama mengaku tak menjadi masalah. Pesepakbola berusia 21 tahun ini merasakan situasi yang sama antara Pulau Dewata dengan Ibu Kota negaranya itu.

"Timor Leste (Dili) juga panas seperti Bali. Jadi cuaca di sini (Bali) sudah baik menurut saya. Persiapan kami pun sudah sangat baik untuk menghadapi PSM Makassar," tegas eks penyerang AS Academica dan Karketu Dili ini.

Sekadar informasi, Rufino Gama lahir di Dili, Timor Leste, pada 20 Juni 1998. Ia menjalani debut di Timnas Timor Leste saat berusia 17 tahun 11 bulan 13 hari ketika masuk sebagai pemain pengganti dimenit ke-81 melawan Timnas Malaysia diajang Kualifikasi Piala Asia 2019 pada 2 Juni 2016 silam.

Penyerang berpostur 1,7 m ini menunjukkan bahwa dirinya merupakan wonderkid masa depan milik Timor Leste. Gama hanya butuh tiga laga untuk mencetak gol perdananya saat melawan China Taipe diajang Kualifikasi Piala Asia 2019 pada 8 Oktober 2016.

Kala itu, Gama berusia 18 tahun 3 bulan 18 hari dan telah mampu mencetak gol di level internasional. Bahkan, pada laga kedua penyisihan grup Piala AFF 2018, Gama membobol gawang Timnas Indonesia yang dikawal Andritany Ardhiyasa.

Gama mencetak gol indah lewat sepakan voli dari luar kotak penalti dimenit ke-48 kala skor saat itu masih sama kuat 0-0. Lebih spesialnya lagi, gol tersebut lahir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Sayang, pada laga tersebut Timnas Timor Leste bertekuk lutut dengan skor 1-3.

Dengan catatan yang telah ditorehkan Rufino Gama bersama Timnas Timor Leste yang baru menemukan jati dirinya dalam kancah persepakbolaan, PSM Makassar patut menaruh kewaspadaan tingkat tinggi agar tak menanggung malu atas Lalenok United.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%