Liga Indonesia

Liga 1 Dimulai 29 Februari, Klub Mana Saja yang Sudah Siap Tempur?

Jumat, 24 Januari 2020 16:15 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 yang bakal dimulai pada 29 Februari mendatang, intip klub mana saja yang sudah siap tempur. Ada Persija Jakarta? Copyright: © INDOSPORT
Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 yang bakal dimulai pada 29 Februari mendatang, intip klub mana saja yang sudah siap tempur. Ada Persija Jakarta?

INDOSPORT.COM - Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 yang bakal dimulai pada 29 Februari mendatang, intip klub mana saja yang sudah siap tempur. Ada Persija Jakarta?

Kepastian bergulirnya Liga 1 2020 sendiri diungkapkan langsung oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) PT LIB di Anvaya Beach Resort, Bali, Kamis (23/1/20).

"Kami sudah kaji, sudah undang pihak terkait, hingga Liga 1 Insha Allah akan dilaksanakan pada 29 Februari," ucap Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri.

Cucu mengatakan, keputusan ini sudah dirundingkan sejak lama dan disetujui oleh seluruh peserta Liga 1. Nantinya, keputusan yang dibuat PT LIB bersama klub akan dikomunikasikan dengan Mabes Polri.

Jelang bergulirnya kompetisi, sejumlah tim telah mempersiapkan diri mereka semaksimal mungkin dengan melengkapi kuota pemain asing serta memperkenalkan pelatih kepala yang bakal menukangi tim sepanjang liga berjalan.

Namun, tidak semua tim terlihat siap menyambut Liga 1. Masih ada beberapa klub yang belum melengkapi pemain asing mereka bahkan tim sebesar Persija dan Persib Bandung masih sibuk mencari legiun asing mereka.

Lantas klub mana sajakah yang hingga saat ini dianggap siap tempur menghadapi Liga 1, yakni dengan memenuhi kuota pemain asing serta meresmikan pelatih utama mereka?

Berikut INDOSPORT coba merangkum dan mengulas, deretan klub yang sudah siap tempur menjelang Liga 1 pada 29 Februari mendatang.

Bali United

© baliutd.com
Para pemain Bali United Fadil Sausu (kiri), Melvin Platje (tengah), dan Andhika Wijaya (kanan). Copyright: baliutd.comPara pemain Bali United Fadil Sausu (kiri), Melvin Platje (tengah), dan Andhika Wijaya (kanan).

Juara Liga 1 musim lalu ini jadi tim yang tidak banyak melakukan perubahan, mereka tercatat mempertahankan seluruh punggawa asingnya, yakni Willian Pacheco, Melvin Platje, Paulo Sergio, serta Brwa Nouri.

Urusan pelatih pun Bali United berhasil mempertahankan Stefano Cugurra yang musim lalu menjadi kunci keberhasilan menjuarai kasta teratas Liga Indonesia.

Dengan skuat yang tidak banyak berubah, serta ketambahan beberapa bintang anyar seperti Muhammad Rahmat, Sidik Saimima, Gavin Kwan Adsit, hingga Nadeo Argawinata membuat Bali United dipastikan bakal solid dan berpeluang mempertahankan gelar mereka.

Bhayangkara FC

Serupa dengan Bali United, kampiun Liga 1 2017 ini juga tidak banyak melakukan perubahan termasuk mempertahankan pelatih yang didatangkan pertengahan musim silam, Paul Munster.

Selain itu, Bhayangkara FC berhasil mendatangkan beberapa pemain asing yang sebelumnya jadi momok menakutkan Liga 1 seperti Renan Silva yang notabene pemain terbaik musim lalu serta mantan bomber Persib, Ezechiel N'Douassel.

Madura United

Sempat menurun di paruh kedua Liga 1 musim lalu, Madura United berbenah dengan merekrut pelatih lokal bertangan dingin, Rahmad Darmawan serta mengganti beberapa pemain asing.

Teranyar, Madura United tersebut sukses menggaet gelandang kreatif PSS Sleman, Brian Ferreira dan juga satu winger muda asing asal Ghana, Emmanuel Oti Essigba.

Dengan duet para pemain lama macam Greg Nwokolo dan juga Beto Goncalves, kekuatan Madura United diprediksi bisa memberikan kejutan seperti di paruh pertama musim lalu.

Persebaya Surabaya

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Skuat Persebaya saat laga Persis Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTSkuat Persebaya saat laga Persis

Persebaya, yang menjadi runner-up musim lalu, menambah dua pemain asing dengan memboyong gelandang serang kreatif Makan Konate dari Arema FC serta penyerang tangguh Mahmoud Eid.

Berduet dengan David da Silva yang musim lalu menjadi top skor klub, kekuatan lini serang Persebaya Surabaya dipastikan bakal menakutkan dan bisa menjadi mimpi buruk peserta Liga 1 nantinya.

Persipura Jayapura

Raksasa tidur Liga Indonesia ini mengganti semua pemain asing mereka, skuat Mutiara Hitam musim ini resmi merekrut Arthur Cunha, Thiago Amaral, Sylvano Comvalius, dan Takuya Matsunaga.

Tiga dari empat pemain tersebut cukup berpengalaman di Liga Indonesia, Sylvano Comvalius contohnya yang berhasil menjadi top skor Liga 1 2017. 

Dengan kejeniusan pelatih Jacksen F. Tiago dan kemampuan para bintang asing senior Liga 1, Persipura tampaknya bakal mengganggu dominasi Bali United di papan atas bahkan mungkin bisa merebut gelar juara di akhir musim.

Persita Tangerang

Meski berstatus tim promosi, namun Persita tampak serius menyambut Liga 1 2020 dan langsung merekrut empat pemain asing anyar yakni Mateo Bustos, Eldar Hasanovic, Yevhen Budnik, dan Tamirlan Kozubaev.

Diperkuat pelatih yang musim lalu menghantarkan mereka promosi, Persita Tangerang kemungkinan bisa memberikan kejutan bagi para tim-tim senior Liga 1.

PSM Makassar

Menyambut kompetisi Piala AFC yang dijalani tahun ini, PSM Makassar mengganti dua pemain asing di lini depan dan pertahanan. 

Untuk sektor striker, PSM mendatangkan Giancarlo Lopes Rodrigues dari Brasil, sementara pemain bertahan mereka menggaet Hussein El Dor (Lebanon).

PSM pun mendatangkan pelatih baru Bojan Hodak, yang punya sederet prestasi ketika berlaga di Liga Malaysia bahkan mampu mengantarkan Malaysia U-19 menjuarai Piala AFF 2018.

Tira-Persikabo

Jadi tim pesakitan di paruh kedua musim lalu dengan tidak pernah menang dalam 16 laga, Tira-Persikabo bergerak cepat dan melakukan perubahan terutama sektor pertahanan mereka.

Pasukan Igor Kriushenko tersebut mendatangkan Petteri Pennanen dan Artyom Filiposyan untuk memperkuat lini pertahanan serta gelandang mereka, kemudian penyerang yang mampu menyumbang banyak gol musim lalu, Alex  dos Santos Goncalves, berhasil didatangkan.

Berduet dengan Ciro Alves, yang mampu mencetak 14 gol dalam 32 pertandingan musim lalu, kekuatan Tira-Persikabo diprediksi bisa menakuti tim papan atas Liga 1.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%