In-depth

Menerka Starting XI Mengerikan Persipura Jayapura di Liga 1 2020: Lini Depan Ganas, Calon Juara?

Jumat, 24 Januari 2020 19:10 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© https://www.instagram.com/persipurapapua1963/
Persipura Jayapura sepertinya akan memiliki starting XI mengerikan di Liga 1 2020, dan bahkan bisa masuk ke dalam kandidat juara. Copyright: © https://www.instagram.com/persipurapapua1963/
Persipura Jayapura sepertinya akan memiliki starting XI mengerikan di Liga 1 2020, dan bahkan bisa masuk ke dalam kandidat juara.

INDOSPORT. COM - Persipura Jayapura sepertinya akan memiliki starting XI mengerikan di Liga 1 2020, dan bahkan bisa masuk ke dalam kandidat juara.

Nama Persipura Jayapura memang terkenal sebagai salah satu klub top Tanah Air. Lihat saja prestasinya, Persipura Jayapura tercatat sudah tiga kali menjuarai kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, yakni tahun 2008/09, 2010/11, dan 2013.

Namun reputasi besar Persipura Jayapura belum menemukan tuahnya lagi sejak era Liga 1 dimulai. Sedari Liga 1 2017 hingga terakhir Liga 1 2019, Persipura Jayapura selalu gagal meraih trofi juara.

Prestasi paling apik Persipura Jayapura hanya bisa menduduki peringkat tiga klasemen di Liga 1 2019. Persipura menempati posisi tiga dengan koleksi 53 poin, atau tertinggal 11 poin dari tim jawara, Bali United.

Persipura pun sepertinya ingin segera mengakhiri puasa gelarnya di era Liga 1. Masa bursa transfer jelang Liga 1 2020, dimanfaatkan Persipura untuk belanja pemain-pemain berkualitas.

Empat slot pemain asing yang dimiliki Persipura juga telah terisi semua. Didukung racikan strategi Jacksen F. Tiago, musim depan rasanya Persipura bakal memiliki starting XI mengerikan dan menjadi kandidat kuat juara.

INDOSPORT lantas coba menerka rupa starting XI mengerikan Persipura di Liga 1 2020. Berikut ulasannya.

Starting XI Persipura Jayapura di Liga 1 2020

© Persipura Official
Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago bersama asistennya, Ridwan Bauw saat mendampingi timnya berlatih. Copyright: Persipura OfficialPelatih Persipura, Jacksen F. Tiago bersama asistennya, Ridwan Bauw saat mendampingi timnya berlatih.

Formasi: 4-3-3

Kiper: Dede Sulaiman

© INDOSPORT/ Ratno Prasetyo
Dede Sulaiman Copyright: INDOSPORT/ Ratno PrasetyoDede Sulaiman

Persipura Jayapura musim depan sepertinya akan mengandalkan Dede Sulaiman sebagai penjaga gawang utama. Hal itu tak lepas dari reputasi Dede Sulaiman yang dalam dua musim terkahir selalu mendapat menit bermain reguler di skuat Mutiara Hitam.

Musim lalu, Dede Sulaiman tampil 32 kali dengan catatan 12 kali clean sheets. Andai Dede bisa lebih meningkatkan peformanya musim depan, bukan mustahil gawang Persipura akan begitu sulit ditembus dan bisa meraih gelar juara.


Bek: Yustinus Pae, Artur Cunha, Donny Monim, Valentino Telaubun.

© Twitter/liga1march
Arthur Cunha berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Mitra Kukar. Copyright: Twitter/liga1marchArthur Cunha berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Mitra Kukar.

Barisan lini belakang Persipura Jayapura di Liga 1 2020 kemungkinan besar bakal mengandalkan perpaduan antara pemain senior dengan para penggawa baru. INDOSPORT memilih nama Yustinus Pae, Artur Cunha, Donny Monim, dan Valentino Telaubu, sebagai empat bek yang mengawal jantung pertahanan Mutiara Hitam. 

Bek kanan sepertinya masih akan menjadi miliki Yustinus Pae. Sudah menginjak usia 36 tahun, Yustinus Pae musim lalu masih bermain reguler dengan catatan 31 penampilan.

Kalau bek kiri, Valentino Telaubun yang juga merupakan pemain senior Persipura, mungkin akan jadi pilihan utama. Valentino yang sudah berusia 35 tahun, musim lalu tercatat 18 kali bertanding.

Soal bek tengah, pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago mungkin bakal mengandalkan duet pemain anyar, Arthur Cunha dan Donny Monim. Sekedar informasi, Cunha baru merapat dari Arema FC, dan Monim diboyong setelah meninggalkan Barito Putera.

Khusus untuk Cunha, statusnya sebagai bek asing asal Brasil diyakini bakal mendapat ekspektasi lebih. Cunha yang kemungkinan akan menjadi pemimpin dari barisan lini belakang Persipura di Liga 1 2020.


Gelandang: Takuya Matsunaga, Thiago Amaral, Muhammad Tahir.

© instagram.com/thiagoamaral92
Thiago Amaral, calon pemain baru Persipura Jayapura Copyright: instagram.com/thiagoamaral92Thiago Amaral, calon pemain baru Persipura Jayapura

Memakai skema 4-3-3, Persipura Jayapura tampaknya akan menggunakan dua gelandang bertahan dan satu gelandang serang. Ketiga posisi itu diyakini akan dipercayakan kepada Takuya Matsunaga, Thiago Amaral, Muhammad Tahir.

Takuya Matsunaga yang merupakan gelandang serang asing Asia asal Jepang, tugasnya akan lebih sebagai gelandang bertahan penghancur. Kalau Muhammad Tahir, sosoknya bakal bertugas sebagai gelandang bertahan yang mengatur aliran bola.

Sementara posisi gelandang serang, Thiago Amaral akan bertugas mencari celah di pertahanan lawan. Thiago yang merupakan pemain asing asal Brasil, bakal rutin menyisir kotak penalti lawan, dan kalau bisa rajin pula mencetak gol.


Penyerang: Todd Ferre, Sylvano Comvalius, Boaz Solossa. 

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Sylvano Comvalius saat melawan Persela Lamongan, dinilai masih perlu adaptasi lagi bersama Arema FC. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTSylvano Comvalius

Persipura Jayapura tampak memiliki barisan penyerang yang ganas dan juga cepat. Ada dua nama berpengalaman seperti Sylvano Comvalius dan Boaz Solossa, serta satu wonderkid, Todd Rivaldo Ferre.

Todd diyakini bakal mengisi pos winger kiri. Kecepatan dan kelihaian Todd dalam menggiring bola, tentu bakal sangat menyulitkan para pemain bertahan lawan.

Kalau winger kanan, Boaz Solossa tentu yang akan jadi pilihan utama. Walau sudah tak muda lagi, Boaz tetap memiliki jam terbang dan kemampuan yang mumpuni untuk menggedor jala gawang tim musuh.

© https://www.buildlineup.com/
Menerka Starting XI Mengerikan Persipura Jayapura di Liga 1 2020: Calon Juara? Copyright: https://www.buildlineup.com/Menerka Starting XI Mengerikan Persipura Jayapura di Liga 1 2020: Calon Juara?

Terakhir, Comvalius, nama besarnya sebagai top skor sepanjang masa Liga 1 tentu begitu membuat lini depan Persipura terlihat menyeramkan. Asal Jacksen F. Tiago bisa menerapkan strategi yang tepat, bukan mustahil Comvalius bisa mengulang torehan 37 golnya seperti Liga 1 2017 lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
20%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
30%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%