Liga Indonesia

Eks Ketum PSSI Dukung Atlet Paralympic Sumut ke Puncak Prestasi di 2024

Selasa, 28 Januari 2020 16:41 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) pimpinan Edy Rahmayadi siap mendukung penuh kepengurusan National Paralympic Committee (NPC) Sumut. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) pimpinan Edy Rahmayadi siap mendukung penuh kepengurusan National Paralympic Committee (NPC) Sumut.

INDOSPORT.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) siap mendukung penuh kepengurusan National Paralympic Committee (NPC) Sumut dalam menjalankan program kerja demi melahirkan atlet berprestasi.

Demikian dikatakan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menerima audensi pengurus NPC Sumut di Kantor Gubernur Sumut, Senin (27/1/2020) sore.

Ia berharap pengurus NPC Sumut bisa meningkatkan prestasi olahraga di even nasional bahkan internasional. Termasuk pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024, saat Sumut menjadi tuan rumah.

Dikatakan mantan ketua umum PSSI tersebut, prestasi gemilang yang ditorehkan para patriot NPC Sumut saat ini memang telah membuat provinsi bangga.

Meski dengan keterbatasan yang ada, para atlet masih bisa mengharumkan nama daerah di kancah nasional, maupun Indonesia di even internasional. Maka, Edy berjanji akan meprioritaskan dukungan kepada NPC, agar program kerja dapat berjalan maksimal.

"Sudah kewajiban saya mendukung atlet-atlet untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi. Saya berharap kalian pun dapat mengharumkan nama Sumut di kancah nasional hingga internasional,” ucap Edy Rahmayadi yang turut didampingi Kadispora Sumut Baharuddin Siagian.

Edy juga mengharapkan para atlet terus berlatih secara serius dan mempersiapkan diri dengan maksimal untuk bertanding pada ajang Peparnas 2020 Papua.

Lebih dari itu, NPC Sumut juga sejak dini harus membina atlet, dalam program jangka panjang menuju Peparpenas 2024 saat Sumut menjadi tuan rumah agar Sumut harus menjadi yang terbaik dari provinsi lain.

"Atlet terus dilatih serius sampai Peparpenas 2024. Jangan sampai kita tuan rumah, malah orang jadi juara. Jangan sampai kita kalah dengan provinsi lain. Demi nama Sumut yang lebih baik, kita dukung semua program kerja NPC. Kita akan prioritaskan kalian,” ucapnya.

Sementara itu Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting, secara tegas mengatakan bahwa pemprov akan memprioritaskan dukungan melalui anggaran yang maksimal untuk NPC untuk tahun selanjutnya. Mengingat, NPC Sumut yang sudah memiliki kepengurusan sendiri sejak 2015 memiliki agenda tahunan yang sangat padat.

“Pada prinsipnya pak Gubsu mengerti kita. Untuk ke depannya dukung kita. Kalian sudah berbuat nyata gitu. Intinya kita prioritas tahun berikutnya."

"Masalah bantuan dana ada gubernur juga siap menampung anggaran di P APBD. Harapan kita anggaran bisa lebih maksimal,” jelas Alan.

Dikatakan Alan, tahun 2020, agenda yang akan dijalani NPC Sumut sangat padat. Seperti mempersiapkan atlet Sumut menuju Peparpenas 2020, Paralimpiade 2020 Tokyo, ASEAN Paragames Filipina, dan sejumlah program peningkatan SDM pelatih dan pelaksanaan even berjenjang.