In-depth

Hati-hati, Kutukan Cedera Bakal Datang Jika Marc Klok Resmi ke Persija

Selasa, 28 Januari 2020 19:00 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Persija Jakarta dikabarkan sudah menjalin komunikasi dengan gelandang PSM Makassar Marc Klok di bursa transfer Liga 1 2020. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Persija Jakarta dikabarkan sudah menjalin komunikasi dengan gelandang PSM Makassar Marc Klok di bursa transfer Liga 1 2020.

INDOSPORT.COMPersija Jakarta dikabarkan sudah menjalin komunikasi dengan gelandang PSM Makassar Marc Klok di bursa transfer Liga 1 2020.

Kabar itu dibenarkan langsung oleh Pembina Persija Jakarta, Ardhi Tjahjoko. Dirinya membenarkan bahwa Persija sudah melakukan cara untuk bisa mendatangkan Marc Klok.

"Sejauh ini ada komunikasi dengan Klok. Tapi finalnya belum tahu opsi peminjaman atau pembelian," ucap Ardhi Tjahjoko selepas latihan Persija.

Hal senada juga diakui pelatih anyar Persija, Sergio Farias. Bahkan pelatih berkbangsaan Brasil tersebut tak segan memuji kualitas Klok.

"Saya tak bisa ngomong tentang pemain yang tak ada di sini. Namanya rumor pasti tidak 100 persen benar," jelas Farias.

"Tapi saya punya banyak informasi bagus tentang Klok. Akan sangat menarik jika pemain seperti dia, dengan kualitas seperti dia, bisa di sini bersama kami," tukasnya.

Apabila Persija berhasil menyelesaikan transfer ini, maka Marc Klok pun harus berhati-hati. Karena, pemain asing PSM Makassar yang gabung ke Persija (era Liga 1) harus mengalami nasib kurang baik.

Pasalnya, pemain asing PSM Makassar harus mengalami cedera saat bergabung ke Persija. Cedera itu yang akhirnya membuat sang pemain dicoret dari skuat Macan Kemayoran.

Terhitung, sejak era Liga 1 ada dua pemain asing PSM Makassar yang memilih hijrah ke Persija. Dua pemain yang dimaksud adalah Reinaldo Costa dan Steven Paulle.

© Instagram@reinaldocosta9
Striker PSM Makassar, Reinaldo Elias Da Costa. Copyright: Instagram@reinaldocosta9Reinaldo Elias Da Costa saat masih memperkuat PSM Makassar.

Reinaldo Costa diboyong Persija dari PSM Makassar pada Liga 1 2017 lalu. Namun ia mengalami patah tulang pada bagian pergelangan dan membuatnya tak bisa tampil hingga akhir musim.

Pemain berusia 33 tahun tersebut mengalami cedera saat Persija sukses menumbangkan Mitra Kukar dengan skor 2-1 di pekan ke-23 Liga 1 2017.

Setelah diperiksa tim medis Persija, penyerang asal Brasil tersebut nyatanya mengalami masalah, yakni keretakan tulang di area engkel dan keusakan ligamen engkel.

Padahal Reinaldo Costa tampil cukup apik bersama Persija. Menurut laporan situs Soccerway, dirinya mampu mengoleksi 3 gol dari 5 pertandingan di Liga 1 2017.

Sayangnya, badai cedera yang ia alami, membuat mantan pemain klub Australia Queensland Roar tersebut harus tersisih dari skuat Persija sebelum Liga 1 2017 berakhir.

Selain Reinaldo Costa, Steven Paulle juga mengalami hal serupa. Bek berkebangsaan Prancis tersebut harus tak menampilkan kegemilangan saat berseragam Persija.

Hal itu tak terlepas dari kondisi cedera yang dialami sang pemain. Cedera otot paha yang tak kunjung membaik, membuat manajemen Persija melepas Steven Paulle di pertengahan musim Liga 1 2019.

Menurut laporan situs Soccerway, Steven Paulle hanya diberikan kesempatan bermain sebanyak empat kali di sepanjang kompetisi Liga 1 2019.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Steven Paulle kejar bola dari kaki pemain Shan United. Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSteven Paulle kejar bola dari kaki pemain Shan United. Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT

Pemain berusia 33 tahun tersebut hanya mampu mencetak satu gol dari lima pertandingan yang ia jalani di Piala AFC 2019.

Kendati demikian, penampilan Steven Paulle masih jauh dari ekspektasi manajemen Persija. Karena mereka membutuhkan sosok bek seperti Jaimerson dan Willian Pachecho.

Situasi ini menjelaskan bahwa pemain asing PSM punya kutukan tersendiri saat bergabung ke Persija. Apabila Marc Klok benar-benar datang, maka Persija berharap kutukan itu tak terjadi lagi.

Jika melihat statistik di Liga 1 2019 lalu, Marc Klok mampu memperlihatkan permainan yang cukup apik sepanjang musim.

Ia mampu mengumpulkan 7 gol dan 4 assist dari 40 laga di semua ajang. Catatan gol itu terbilang cukup apik bagi pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan.

Oleh karena itu, Marc Klok kemungkinan bakal mengubah tradisi pemain asing PSM Makassar yang tidak menampilkan permainan terbaik saat membela Persija.

Itu akan menjadi harapan Persija di Liga 1 2020 nanti. Patut dinantikan apakah Marc Klok bisa memutus kutukan cedera yang dialami pemain asing PSM Makassar atau tidak.