In-depth

Dikaitkan dengan Marc Klok, Performa Pemain Asing PSM Tak Pernah Gemilang di Persija

Rabu, 22 Januari 2020 19:08 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Duel antara Evan Dimas (kiri) dengan Marc Anthony Klok di Liga 1. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Duel antara Evan Dimas (kiri) dengan Marc Anthony Klok di Liga 1.

INDOSPORT.COM – Gelandang PSM Makassar Marc Klok tengan dikaitkan dengan Persija Jakarta pada bursa transfer Liga 1 2020.

Isu itu muncul melalui akun sosial media Twitter yang fokus pada kegiatan transfer persepakbolaan Indonesia, yakni Indostransfer.

Laporan tersebut mengatakan bahwa Marc Klok akan meninggalkan PSM Makassar, meski kontraknya masih akan berakhir pada 2023 mendatang.

Persija pun menjadi salah satu klub Liga 1 yang paling dikaitkan dengan Marc Klok. Meski begitu, nyatanya Persija hanya bisa menggunakan Marc Klok sebagai pemain pinjaman.

Indostranfer menjelaskan jika PSM hanya akan melepas Marc Klok dengan status pinjaman. Karena Marc Klok masih menjalani proses naturalisasi dan kontraknya masih tersisa dua tahun.

Spekulasi kepindahan Marc Klok ke Persija ini semakin menguat setelah dirinya tak masuk dalam susunan pemain PSM ketika berhadapan dengan Lalenok United di play-off Piala AFC 2020.

Namun Persija sendiri nyatanya punya cerita yang kurang enak ketika memboyong pemain asing PSM Makassar, setidaknya sejak era Liga 1.

Seperti yang diketahui, Persija sempat membawa mantan pemain asing PSM Makassar ke Jakarta pada awal kompetisi Liga 1 2019. Pemain yang dimaksud adalah Steven Paulle.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Steven Paulle kejar bola dari kaki pemain Shan United. Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSteven Paulle (tengah) saat kejar bola dari kaki pemain Shan United. Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT

Bek berkebangsaan Prancis itu sama sekali tak menampilkan kegemilangan saat berseragam Persija. Hal itu tak terlepas dari kondisi cedera yang dialami sang pemain.

Menurut laporan situs Soccerway, Steven Paulle hanya diberikan kesempatan bermain sebanyak empat kali di sepanjang kompetisi Liga 1 2019.

Pemain berusia 33 tahun tersebut hanya mampu mencetak satu gol dari lima pertandingan yang ia jalani di Piala AFC 2019.

Kendati demikian, penampilan Steven Paulle masih jauh dari ekspektasi manajemen Persija. Karena mereka membutuhkan sosok bek seperti Jaimerson dan Willian Pachecho.

Situasi ini menjelaskan bahwa pemain asing PSM tak bermain gemilang bersama Persija. Apabila Marc Klok benar-benar datang, maka manajemen mengharapkan hal itu tidak terjadi lagi.

Jika melihat statistik di Liga 1 2019 lalu, Marc Klok mampu memperlihatkan permainan yang cukup apik sepanjang musim.

Ia mampu mengumpulkan 7 gol dan 4 assist dari 40 laga di semua ajang. Catatan gol itu terbilang cukup apik bagi pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan.

Oleh karena itu, Marc Klok kemungkinan bakal mengubah tradisi pemain asing PSM Makassar yang tidak menampilkan permainan terbaik saat membela Persija.

Itu akan menjadi harapan seluruh elemen Persija di Liga 1 2020 mendatang. Patut dinantikan apakah Marc Klok benar-benar bergabung ke Persija atau hanya rumor belaka.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%