In-depth

Dirumorkan Bajak Marc Klok, Persija Jakarta Hanya Buang-buang Uang?

Rabu, 22 Januari 2020 16:41 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Official PSM Makassar
Persija Jakarta dirumorkan bakal membajak calon gelandang naturalisasi milik PSM Makassar, Marc Klok, pada bursa transfer Liga 1 2020. Copyright: © Official PSM Makassar
Persija Jakarta dirumorkan bakal membajak calon gelandang naturalisasi milik PSM Makassar, Marc Klok, pada bursa transfer Liga 1 2020.

INDOSPORT.COMPersija Jakarta dirumorkan bakal membajak calon gelandang naturalisasi milik PSM Makassar, Marc Klok, pada bursa transfer Liga 1 2020.

Kabar itu muncul melalui akun sosial media Twitter yang fokus pada aktivitas transfer sepak bola Indonesia, yakni Indostransfer.

Sumber tersebut mengabarkan jika Marc Klok akan meninggalkan PSM Makassar, meski kontraknya masih akan berakhir pada 2023 mendatang.

Persija pun menjadi salah satu klub Liga 1 yang berniat untuk mendapatkan tanda tangan. Meski begitu, nyatanya Persija hanya bisa menggunakan Marc Klok sebagai pemain pinjaman.

Indostranfer menjelaskan jika PSM hanya akan melepas Marc Klok dengan status pinjaman. Karena Marc Klok masih menjalani proses naturalisasi dan kontraknya masih tersisa dua tahun.

Kabar mendatangkan Klok sendiri muncul setelah slot pemain asing Persija di Liga 1 2020 masih belum penuh. Banyak yang menilai jika slot itu akan diisi oleh bek asing.

Akan tetapi, Persija justru memilih untuk mendatangkan kembali Maman Abdurrahman pada bursa transfer Liga 1 2020. Dengan begitu, bek asing kemungkinan tak akan hadir di Persija.

Nantinya, slot kosong pemain asing ini sengaja diberikan kepada Marc Klok. Seperti yang diketahui, proses naturalisasi Klok masih belum rampung.

Meski tak perlu mengeluarkan uang untuk menebus kontrak Marc Klok dari PSM Makassar, namun aktivitas transfer ini bisa dikatakan mubazir.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sandi Sute melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Ceres Negros pada laga keempat Piala AFC 2019. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSandi Sute melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Ceres Negros pada laga keempat Piala AFC 2019. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Mengingat, Persija sudah memiliki gelandang yang memiliki tipe permainan bertahan di skuatnya jelang Liga 1 2020, yakni Rohit Chand dan Sandi Sute.

Pelatih anyar Persija Sergio Farias nyatanya harus merelakan salah satu dari dua gelandang bertahan tersebut pada musim depan.

Padahal Rohit Chand dan Sandi Sute sendiri memiliki peran yang cukup penting dalam membantu Persija juara Liga 1 2018.

Maka akan terbilang mubazir jika Persija kembali mendatangkan Marc Klok pada bursa transfer Liga 1 2020. Terlebih, mereka harus memberikan upah yang mungkin tidak sedikit untuk Klok.

Selain sudah memiliki dua gelandang bertahan, Persija juga sudah dihuni oleh pemain tengah yang berkualitas. Pemain tersebut adalah Evan Dimas dan Ramdani Lestaluhu.

Apabila Farias menggunakan formasi kesukaannya, 4-2-3-1, maka bakal ada gelandang yang dicadangkan atau mengalami perubahan status sebagai pemain pelapis.

Marc Klok secara tidak langsung akan mengancam posisi Rohit Chand, Sandi Sute, Evan Dimas, atau Ramdani Lestaluhu. Karena dengan formasi 4-2-3-1, Persija hanya menggunakan tiga gelandang.

Sedangkan jika Marc Klok hadir, tim yang mendapatkan julukan Macan Kemayoran tersebut memiliki gelandang inti sebanyak lima pemain.

Dua di antara gelandang klub Liga 1 Persija pun bakal terancam menjadi pelapis, jika Farias tidak memberikan posisi baru (menggeser posisi menjadi winger atau yang lain) kepada sang pemain.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%