Liga Indonesia

Kalah Beruntun, Ini yang Harus Dilakukan Shin Tae-yong di Timnas U-19

Selasa, 28 Januari 2020 10:40 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Timnas U-19 menelan 3 kekalahan beruntun dalam pemusatan latihan di Thailand. Apa saja yang harus dilakukan Shin Tae-yong kedepannya bersama Timnas U-19?

Timnas Indonesia U-19 saat ini sedang menjalani pemusatan latihan atau TC di Thailand. TC ini sudah berlangsung sejak 20 Januari 2020 lalu. 

Sejak pertama kali sampai di Thailand, Timnas U-19 sudah menjalani 3 pertandingan uji coba. Namun sayangnya, 3 pertandingan uji coba tersebut dilalui dengan kekalahan beruntun. 

Timnas U-19 kalah 0-2 melawan Kyung Hee University pada Jumat (24/01/20), lalu kalah 0-4 melawan tim Liga Korea Selatan, Seongnam FC pada Sabtu (25/01/20). 

Kemudian pada Senin (27/01/20) Timnas U-19 kembali kalah dengan skor telak 1-5, kali ini melawan Busan IPark. 

Tiga kekalahan beruntun yang dialami Timnas U-19 tersebut tentu membuat pencinta sepak bola di Indonesia bertanya-tanya.

Apalagi Timnas U-19 diproyeksikan untuk berlaga di Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021. Shin Tae-yong sendiri sudah mengakui ada beberapa yang perlu diperbaiki dari Timnas U-19. 

"Kami masih harus memperbaiki pertahanan kami, dan juga taktik. Tapi wajar karena taktik memang kita belum mempelajarinya," ucapnya dalam rilis resmi PSSI.

Lalu untuk memperbaiki kekurangan tersebut, apa yang harus dilakukan oleh Shin Tae-yong?

Memperbaiki Pertahanan 

Salah satu yang disorot oleh Shin Tae-yong dalam 3 laga uji coba yang sudah dijalani adalah pertahanan yang buruk. Masalah pertahanan Timnas U-19 sejatinya bisa segera diatasi. 

Apalagi, asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas U-19 salah satunya adalah Nova Arianto yang merupakan mantan pemain bertahan Timnas Indonesia. 

Nova Arianto beserta Shin Tae-yong tentunya membutuhkan waktu untuk memperbaiki lini belakang Timnas U-19 mengingat ini merupakan pemusatan latihan pertama sejak Shin Tae-yong datang. 

Menunggu Pemain Garuda Select II 

Meski sudah ada 28 pemain yang menjalani pemusatan latihan Timnas U-19 di Thailand, masih ada beberapa pemain lainnya yang belum dapat bergabung. 

Pemain-pemain tersebut adalah pemain yang saat ini sedang mengikuti program Garuda Select jilid II. Memang cukup disayangkan bahwa jadwal antara TC Timnas U-19 dan Garuda Select II harus berbenturan. 

Diharapkan kedepannya dengan pemain dari Garuda Select II bergabung ke Timnas U-19, kekuatan Timnas U-19 akan semakin bertambah. 

Uji Coba dengan Lawan Setara

Dari 3 lawan yang dihadapi oleh Timnas U-19 dalam laga uji coba di Thailand, terdiri dari klub profesional dan juga tim dari universitas. 

Secara usia, lawan yang dihadapi memang berada di atas Timnas U-19. Untuk itu kedepannya, uji coba melawan tim dengan usia setara tentu harus dilakukan. 

Uji coba dengan Timnas U-19 dari negara lain juga akan menjadi persiapan yang baik jelang menghadapi Piala AFF U-19  dan Piala Asia U-19 2020.