Liga Indonesia

Termasuk Eks Persib, Berikut 3 Penyerang Lokal yang Bisa Bersaing Sebagai Top Skor Liga 1 2020

Rabu, 29 Januari 2020 16:18 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© headtopics.com
Penyerang Lokal Indonesia masih memiliki potensi untuk bersaing di daftar top skor Liga 1 2020. Tiga pemain berikut dalam daftar terdepan, termasuk Boaz Solossa. Copyright: © headtopics.com
Penyerang Lokal Indonesia masih memiliki potensi untuk bersaing di daftar top skor Liga 1 2020. Tiga pemain berikut dalam daftar terdepan, termasuk Boaz Solossa.

INDOSPORT.COM - Penyerang Lokal Indonesia masih memiliki potensi untuk bersaing di daftar top skor Liga 1 2020. Tiga pemain berikut dalam daftar terdepan.

Sejak bergulirnya Liga 1 di tahun 2017, penyerang-penyerang lokal selalu gagal berbicara banyak dalam persaingan top skor. Bahkan penyerang lokal (tidak termasuk naturalisasi) selalu mengalami penurunan stadar gol tertingginya.

Dari yang di Liga 1 2017 ada penyerang lokal yang bisa menyentuh total 16 gol. Di Liga 1 2018 menurun paling banyak hanya 14 gol yang bisa dicapai. Dan kembali menurun di Liga 1 2019 dengan hanya 13 gol sebagai jumlah terbanyak yang bisa diraih penyerang lokal.

Kendati terus mengalami penurunan, sebenarnya beberapa penyerang lokal masih memiliki potensi untuk bersaing di daftar top skor Liga 1 2020. Setidaknya berkaca pada torehan beberapa pemain tersebut yang masih cukup konsisten dan juga didukung oleh kondisi klub dan penampilannya belakangan ini.

Siapa saja mereka, berikut INDOSPORT merangkumkan.

Boaz Solossa

Meski terhitung sudah tak muda lagi, Boaz Solossa yang kini berusia 33 tahun masih sangat layak dikedepankan sebagai penyerang lokal yang bisa bersaing dalam daftar top skor.

Sebab dirinya merupakan satu dari sedikit penyerang lokal yang bisa konsisten mencatatkan jumlah gol dalam tiga gelaran Liga 1. Di tahun 2017 dan 2018 dirinya bisa konsisten mencetak 10 gol dan di tahun 2019 lalu, torehannya hanya menurun satu, menjadi sembilan gol.

Satu hal lagi yang bisa membuat peluang Boaz Solossa bersaig dalam daftar top skor semakin terbuka adalah keberadaan Jacksen F. Tiago di Persipura Jayapura saat ini. 

Karena di bawah Jacksen, Boaz Solossa selalu sukses menunjukan penampilan terbaiknya. Terbukti dari tiga gelar top skor Liga Indonesia yang bisa diraihnya kala dilatih Jacksen F.Tiago.

Lerby Eliandry

Pemain lokal selanjutnya yang memiliki potensi untuk bersaing di daftar top skor adalah Lerby Eliandry. Potensi itu terbuka sebab Lerby punya modal bagus, pernah bersaing dalam daftar top skor di Liga 1 2017, dengan torehan 16 golnya.

Dua musim setelahnya meski menurun, catatan Lerby masih terhitung cukup baik buat penyerang lokal. Kala dirinya bisa mencetak total delapan dan 10 gol.

Potensi Lerby Eliandry untuk bersaing dalam daftar top skor Liga 1 2020 juga emakin terbuka saat dirinya kini hijrah ke klub yang lebih besar, Bali United. Dengan dukungan pemain-pemain berlabel bintang di Bali United, maka kesempatan Lerby Eliandry untuk mencetak lebih banyak gol, jelas akan semakin terbuka pula.

Ferdinand Sinaga

Pemain lokal terakhir yang memiliki potensi untuk bersaing di daftar top skor Liga 1 2020 adalah eks Persib Bandung, Ferdinand Sinaga.

Di dua gelaran awal Liga 1, kala pemain 31 tahun itu sudah mampyu menunjukan potensinya dengan selalu mencetak dua digit gol. 12 gol di Liga 1 2017 dan 11 gol di Liga 1 2018.

Musim lalu, memang torehannya hanya menyentuh angka sembilan gol, namun kualitas Ferdinand Sinaga masih cukup terlihat dengan tiga gol di Piala Indonesia dan satu gol di Piala AFC.

Musim ini, dengan berbekal konsistensi dan tangan pelatih baru Bojan Hodak, Ferdinand Sinaga tentu sangat pantas untuk dikedepankan sebagai pemain lokal yang berpotensi bersaing di dalam top skor.

Apa lagi pemain asal Medan itu juga sudah membuktikan dnegan torehan tiga golnya atau hattrick di laga kualifikasi Piala AFC 2020 melawan Lalenok di leg pertama minggu lalu.