Liga Indonesia

Andai Jadi Gabung, Marc Klok Terhalang Marko Simic untuk Pecahkan Rekor di Persija Jakarta

Kamis, 30 Januari 2020 21:56 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Marc Klok, andai jadi bergabung, dirinya tampak terhalang oleh Marko Simic untuk pecahkan rekor di klub Liga 1 2020, Persija Jakarta. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Marc Klok, andai jadi bergabung, dirinya tampak terhalang oleh Marko Simic untuk pecahkan rekor di klub Liga 1 2020, Persija Jakarta.

INDOSPORT. COM - Marc Klok, andai jadi bergabung, dirinya tampak terhalang oleh Marko Simic untuk pecahkan rekor di klub Liga 1 2020, Persija Jakarta.

Nama Marc Klok belakangan memang santer dikaitkan dengan Persija Jakarta. Marc Klok kabarnya akan menjadi rekrutan Macan Kemayoran di masa bursa transfer jelang Liga 1 2020.

Pihak PSM Makassar, selaku klub pemilik Marc Klok, mengakui adanya tawaran dari Persija Jakarta. Bahkan kabar teranyar, PSM Makassar juga merilis kalau Marc Klok telah berpamitan dan akan segera pindah klub.

"RESMI: PSM Temui Kata Sepakat untuk Transfer Marc Klok. PSM akhirnya menyetujui transfer pemain asal Belanda ini ke salah satu klub Liga 1. Pernyataan langsung manajemen akan segera disampaikan. Terimakasih dan sukses selalu #Ewaklok," tulis PSM Makassar pada akun Twitter resmi klub.

Andai benar ke depannya jadi gabung Persija Jakarta, Marc Klok akan melengkapi empat slot pemain asing Persija Jakarta. Berasal dari Belanda, Marc Klok bakal berbaur bersama tiga pemain asing Persija Jakarta lainnya, Marko Simic (Kroasia), Marco Motta (Italia), dan Rohit Chand (Nepal).

Lebih jauh, Marc Klok sebenarnya langsung berpotensi memecahkan rekor di Persija Jakarta andai jadi bergabung. Namun, rekor yang mungkin dipecahkan Marc Klok harus terhalang oleh sosok Marko Simic.

Rekor yang dimaksudkan ialah terkait pemain termahal Persija Jakarta. Marc Klok menurut Transfermarkt harganya kini berada di angka 450 ribu euro atau setara Rp6,7 miliar.

Tak ada satu pun pemain Persija Jakarta yang mampu menyamai atau melebihi harga Marc Klok selain Marko Simic. Data Transfermarkt menyebutkan, pemain termahal Persija Jakarta saat ini adalah Marko Simic dengan harga 550 ribu euro atau Rp8,3 miliar, sementara di bawahnya ada Evan Dimas yang harganya cuma 350 ribu euro atau Rp5,2 miliar.

Kalau tak ada Marko Simic, tentunya rekor pemain termahal Persija Jakarta akan jatuh kepada Marc Klok. Namun rasanya cukup bagi Marc Klok menjadi pemain kedua termahal, sebab Marko Simic musim lalu penampilannya memang luar biasa untuk Persija Jakarta.

Bayangkan saja, Marko Simic musim lalu bisa mencetak 28 gol dari 43 gol yang dibukukan Persija Jakarta sepanjang Liga 1 2019, atau 50 persen lebih. Marko Simic juga berhasil meraih penghargaan individu bergengsi, yakni top skor Liga 1 2019. 

Begitulah kurang lebih penjabaran soal potensi rekor Marc Klok di Persija Jakarta yang terhalang oleh Marko Simic. Patut dinanti, apakah Marc Klok benar-benar akan gabung Persija Jakarta di masa bursa transfer jelang Liga 1 2020?