Liga Indonesia

PSM Makassar Lepas Marc Klok ke Sesama Klub Alumni Perserikatan

Kamis, 30 Januari 2020 17:13 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Marc Klok dalam sesi latihan dalam sesi latihan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Rabu (31/07/2019). Foto : Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Marc Klok dalam sesi latihan dalam sesi latihan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Rabu (31/07/2019). Foto : Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Saga transfer gelandang PSM Makassar, Marc Anthony Klok, akhirnya menemui kejelasan. Pasukan Ramang resmi melepas gelandang asal Belanda tersebut ke sesama klub alumni perserikatan pada jendela transfer awal musim Liga 1 2020.

Sebagaimana diketahui, pesepakbola berusia 26 tahun tersebut telah dirumorkan bakal meninggalkan PSM sejak dua pekan sebelumnya. Adapun salah satu klub yang paling santer dikaitkan dengan Klok ialah Persija Jakarta, yang juga merupakan salah satu klub alumni perserikatan.

Berakhirnya saga transfer Klok ditandai dengan terjalinnya kesepakatan antara PSM dengan manajemen klub baru sang gelandang. Sebab, proses perpindahan eks Dundee United tersebut sangat rumit dikarenakan masih terikat kontrak hingga akhir musim 2023 bersama Pasukan Ramang.

Sehingga, bagi klub yang ingin membajak Klok dari PSM perlu merogoh kocek sangat besar. Berdasarkan data yang didapatkan INDOSPORT dari informan internal PSM, klausul buy-out Klok menyentuh angka Rp18 miliar rupiah jika ingin merekrutnya pada jendela transfer awal musim Liga 1 2020.

CEO PSM, Munafri Arifuddin, membenarkan bahwa klub baru Klok telah memiliki ketertarikan sejak lama untuk merasakan servis sang pemain. Sementara ia juga sebelumnya telah mengatakan tak akan pernah menghalangi pemain yang ingin meninggalkan PSM.

“Kami selalu mementingkan perkembangan karier pemain, selama proses perpindahannya mengikuti mekanisme yang ada. Kami mendukung Klok sebagai pemain profesional agar selalu bekerja keras dan memberikan yang terbaik untuk klubnya,” ungkap Munafri, Kamis (30/01/20).

Akan tetapi, Munafri masih memilih untuk merahasiakan klub baru Klok pada Liga 1 2020 ini, begitupun dengan status transfernya. Pria berusia 44 tahun ini hanya meminta untuk menunggu sampai klub tersebut dengan resmi mengumumkan pesepakbola yang membela PSM sejak musim 2017 silam.

“Ke mana Klok akan berlabuh? Tunggu saja nanti klub barunya yang akan umumkan. Soal status transfernya? Biarkan klub barunya juga yang umumkan apakah direkrut permanen atau hanya meminjam Klok," tutur Appi, sapaan akrab Munafri.

Marc Anthony Klok datang ke PSM Makassar pada Liga 1 2017 silam dan sektika menjelma sebagai idola baru suporter. Selama tiga musim berjersey merah marun, Klok telah merumput di 100 laga dengan total 8786 menit bermain plus sumbangsih 17 gol dan 9 assist.