Bola Internasional

Sulit Dapat Status WNI, Gelandang Eropa Berdarah Semarang Minta Bantuan Netizen

Jumat, 31 Januari 2020 16:02 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sulit mendapatkan status warga negara Indonesia (WNI), gelandang tim Eropa berdarah Semarang Matthew Steenvoorden meminta bantuan para netizen Tanah Air.

Matthew Steenvoorden sendiri sebelumnya memang pernah menyatakan jika memiliki darah Indonesia. Pemain berusia 26 tahun ini mengaku, jika sang kakek berasal dari Jawa Tengah tepatnya daerah Semarang.

Memiliki darah Indonesia, Matthew Steenvoorden berharap dapat membela Timnas dan membantu skuat Garuda meraih prestasi yang lebih baik di kancah Asia hingga dunia.

Namun sayang, keinginan Matthew Steenvoorden untuk berseragam Timnas harus tertunda sebab hingga sekarang belum ada progres terkait proses perpindahan paspor sang pemain dari Belanda menjadi Indonesia.

Bahkan saking inginnya Matthew Steenvoorden menjadi WNI, sang pemain meminta bantuan kepada para netizen Indonesia agar proses naturalisasinya bisa segera rampung.

"Tidak, tidak ada kemajuan (tentang proses naturalisasinya) saat ini. Mungkin jika kalian tahu seseorang atau sesuatu yang dapat melancarkan hal tersebut bisa menghubungi manajerku," ucap Matthew Steenvoorden kepada INDOSPORT, Jumat (31/1/20).

"Akan sangat bagus jika kalian bisa menghubungkan saya dengan pihak yang paham tentang proses (naturalisasi) itu," tambahnya.

Matthew Steenvoorden sendiri merupakan salah satu pemain bertahan yang cukup mumpuni. Di musim 2019 kemarin ia mencatatkan 10 penampilan bersama HNK Gorica dan membawa Turopolje finish di peringkat lima klasemen akhir. 

Bertambahnya Matthew Steenvoorden sebagai pemain keturunan yang ingin menjadi WNI, membuat opsi pelatih untuk membentuk kerangka Timnas Indonesia yang kuat jadi semakin banyak.

Dengan gabungan pemain lokal serta kekuatan bintang keturunan Eropa, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia akan bisa berbicara lebih di ajang internasional tahun depan.