In-depth

3 Pemain Persija yang Terancam Lebih Sering Duduk di Bangku Cadangan Akibat Kedatangan Marc Klok

Minggu, 2 Februari 2020 17:52 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beberapa pemain Persija Jakarta sepertinya akan terancam lebih sering duduk di bangku cadangan pada Liga 1 2020 nanti, akibat kedatangan Marc Klok. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beberapa pemain Persija Jakarta sepertinya akan terancam lebih sering duduk di bangku cadangan pada Liga 1 2020 nanti, akibat kedatangan Marc Klok.

INDOSPORT. COM - Beberapa pemain Persija Jakarta sepertinya akan terancam lebih sering duduk di bangku cadangan pada Liga 1 2020 nanti, akibat kedatangan pemain asing asal Belanda, Marc Klok.

Persija Jakarta memang melakukan belanja besar-besaran pada masa bursa transfer jelang Liga 1 2020. Nama-nama besar terus didatangkan, mulai dari Otavio Dutra, Evan Dimas, Alfath Fathier, Rafli Mursalim, hingga bek berlabel eks Juventus, Marco Motta.

Seakan belum puas, Persija Jakarta kembali menambah amunisinya. Manajemen Macan Kemayoran resmi merekrut dan memperkenalkan legiun asing asal Belanda, Marc Klok, tepat pada Jumat (31/01/20) kemarin.

Perekrutan Marc Klok disebutkan Persija Jakarta jadi upaya manajemen untuk membenahi kualitas tim. Tak sembarangan, manajemen juga sudah berkomunikasi terlebih dahulu dengan pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, sebelum akhirnya proses transfer Marc Klok benar-benar mencapai kata sepakat.

"Tentu kita sudah diskusikan antara manajemen dan pelatih. Mudah-mudahan dengan datangnya Klok kami punya kepastian untuk menjadi juara Liga 1 2020," ujar Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca.

Kedatangan Marc Klok jelas akan berdampak pada komposisi skuat Persija Jakarta pada Liga 1 2020 mendatang. Selain keperluan menambah kekuatan lini tengah, hadirnya Marc Klok bisa pula membuat beberapa pemain Persija Jakarta lebih sering duduk di bangku cadangan musim depan.

Lalu, siapa saja pemain Persija Jakarta yang dimaksudkan itu? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Adrianus Purnomo

Adrianus Purnomo memang tergolong masih sangat muda untuk bisa menembus skuat utama Persija Jakarta. Lihat saja usianya kini baru menginjak angka 19 tahun.

Meski begitu, Adrianus Purnomo sejatinya punya peluang untuk meningkatkan menit bermainnya bersama Persija Jakarta musim depan. Apalagi di penghujung Liga 1 2019, dari 10 pertandingan terakhir Persija Jakarta, Adrianus Purnomo dipanggil masuk skuat sebanyak delapan kali, dan diberi kesempatan bermain dalam tiga laga.

Namun situasinya kini tampak makin sulit saja bagi Adrianus Purnomo. Persija Jakarta mendatangkan Marc Klok, yang posisinya sama persis seperti Adrianus Purnomo, yakni gelandang bertahan.

Jika tak bisa menunjukkan potensi maksimalnya, Adrianus Purnomo kemungkinan besar musim depan hanya akan menjadi penghangat bangku cadangan Persija Jakarta. Atau yang paling parah, Adrianus Purnomo terancam jarang masuk ke skuat Persija dan lama-lama terdepak dari tim.


Sandi Sute

Sandi Sute sejak Liga 1 2017 lalu selalu mendapat menit bermain reguler di Persija Jakarta. Peran Sandi Sute minimal merumput sebanyak 26 kali, dari total 34 laga yang dijalani Persija Jakarta setiap musimnya.

Tak heran sebenarnya Sandi Sute sampai bisa mendapatkan peran yang begitu krusial. Sandi Sute terkenal sebagai gelandang bertahan yang tegas, tanpa ampun menjegal lawan untuk merebut bola.

Namun kini Persija Jakarta sudah memiliki gelandang bertahan anyar berstatus legiun asing, Marc Klok. Kedatangan Marc Klok pun sepertinya akan membuat Sandi Sute lebih banyak duduk di bangku cadangan Persija Jakarta musim depan.

Apalagi, Persija Jakarta punya pula gelandang tengah asing, Rohit Chand, serta gelandang tengah berlabel Timnas Indonesia, Evan Dimas. Hal itu jelas kian menyulitkan Sandi Sute untuk mendapatkan menit bermain reguler.

Meski begitu, Sandi Sute rasanya tak perlu terlalu khawatir. Sandi Sute tetap memiliki peran penting bila seandainya Persija Jakarta ingin bermain dengan situasi lebih bertahan.


Ramdani Lestaluhu

Ramdani Lestaluhu bersama Persija Jakarta banyak mendapat peran sebagai gelandang serang. Sedari Liga 1 2017 lalu, Ramdani minimal mendapatkan jatah bermain dalam 20 laga.

Sayangnya, kini Persija Jakarta telah merekrut gelandang asing anyar dari PSM Makassar, Marc Klok. Kedatangan Marc Klok berpotensi membuat peluang Ramdani Lestaluhu untuk tampil reguler kian sulit.

Klok kemungkinan besar bakal mendapat jatah utama di posisi gelandang bertahan bersama Rohit Chand atau sesekali dirotasi dengan Sandi Sute. Sial bagi Ramdani, masih ada lagi nama besar yakni Evan Dimas, yang sepertinya bakal jadi tumpuan Persija Jakarta untuk posisi gelandang serang.

Sebenarnya andai Klok tak datang, Ramdani masih bisa memiliki peluang tampil reguler lebih besar. Evan Dimas ditarik mundur menjadi gelandang bertahan berduet dengan salah satu dari Rohit Chand atau Sandi Sute, dan Ramdani tentu akan menempati posisi gelandang serang.

Begitulah kurang lebih ulasan soal pemain Persija Jakarta yang terancam lebih sering duduk di bangku cadangan akibat kedatangan Marc Klok. Setujukah kalian?