Liga Inggris

Man City Tumbang, Liverpool Butuh 6 Kemenangan Lagi untuk Juara

Senin, 3 Februari 2020 13:12 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Mohamed Salah lakukan sujud syukur usai mencetak gol dalam laga Liverpool vs Southampton. Copyright: © John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Mohamed Salah lakukan sujud syukur usai mencetak gol dalam laga Liverpool vs Southampton.

INDOSPORT.COM - Manchester City gagal memangkas jarak dengan Liverpool di klasemen. Liverpool berpotensi juara lebih cepat di Liga Primer Inggris. 

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi Liga Inggris, Premier League, telah menyelesaikan seluruh pertandingan di pekan ke-25. 

Pertandingan antara Tottenham Hotspur vs Manchester City menjadi laga penutup pekan ke-25, Minggu (02/02/20). 

Manchester City yang membutuhkan kemenangan untuk mengejar poin Liverpool, justru harus pulang dengan kekalahan. Manchester City kalah dengan skor 0-2 dari tuan rumah Tottenham Hotspur. 

Mimpi buruk Manchester City diawali dengan kartu merah Oleksandr Zinchenko pada menit ke-60. Tiga menit berselang, Spurs mencetak gol lewat upaya Steven Bergwijn. 

Spurs kemudian menggenapkan kemenangan menjadi 2-0 usai Son Heung-min mencetak gol pada menit ke-71. Meski mendominasi penguasaan bola dan jumlah peluang, Manchester City tetap gagal mencetak gol. 

Karena kekalahan itu, Manchester City tertinggal 22 poin dari Liverpool di klasemen sementara Liga Primer Inggris 2019/20. Sehingga Liverpool bisa menjadi juara lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. 

6 Pertandingan Saja

Dengan selisih 22 poin, dan tersisa 13 pertandingan lagi di Liga Primer Inggris, maka Liverpool setidaknya membutuhkan 6 kemenangan lagi. 

Jika 6 kemenangan tersebut diraih secara beruntun, maka Liverpool akan mengunci gelar juara pada pekan ke-31 saat menjamu Crystal Palace. 

Dengan 7 pertandingan tersisa setelah pekan ke-31, selisih poin 22 tentunya sudah tak bisa dikejar. 

Manchester City juga harus meraih kemenangan dalam 6 laga beruntun, agar skenario tersebut berjalan. Jika Manchester City bermain imbang atau kalah dalam pekan-pekan ke depan, maka Liverpool akan juara lebih cepat lagi. 

Potensi Lawan Kuat 

Potensi lawan yang paling mungkin menjegal langkah Liverpool dalam 6 pertandingan ke depan adalah Everton. Pada pertandingan pekan ke-30, Liverpool akan bertandang ke markas Everton. 

Sebuah laga derby bukanlah pertandingan yang mudah, apalagi Everton yang sekarang ini dilatih oleh Carlo Ancelotti dan bahkan peringkatnya lebih tinggi dari Arsenal. 

Everton bisa saja menunda pesta juara Liverpool, namun juga berlaku sebaliknya. Jika Manchester City meraih kekalahan dalam 5 pertandingan ke depan, maka Liverpool justru bisa meraih gelar juara di kandang rival sekotanya tersebut pada pekan ke-30.