Liga Indonesia

Bhayangkara vs PSM Jadi Eksperimen Hodak Gunakan Formasi Tanpa Pluim

Rabu, 5 Februari 2020 21:28 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Adriyan AdirizkyINDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bojan Hodak, sangat puas dengan performa dan hasil uji coba melawan Bhayangkara FC. Copyright: © Adriyan AdirizkyINDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bojan Hodak, sangat puas dengan performa dan hasil uji coba melawan Bhayangkara FC.

INDOSPORT.COM - Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bojan Hodak, sangat puas dengan performa dan hasil uji coba melawan Bhayangkara FC. Terlebih, ia mencoba menjalankan eksperimen formasi tanpa sang kapten, Wiiljan Pluim, pada laga uji coba tersebut.

Bermain di Stadion PTIK, Jakarta, Pasukan Ramang sukses meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 atas Bhayangkara FC. Gol tunggal penyerang sayap anyar, Yakob Sayuri, lewat sundulan kepala menyambut tendangan bebas Rasyid Bakri menjadi pembeda sore tadi.

"Setiap kemenangan sangatlah penting karena akan membuat pemain merasa lebih baik. Pertahanan juga terlihat lebih baik dari sebelumnya," ungkap Hodak kepada awak media olahraga yang menemuinya setelah laga berakhir, Rabu (05/02/20).

Namun, pelatih sepak bola berlisensi UEFA Pro ini enggan jemawa. Hodak mengaku kalau pemainnya masih perlu meningkatkan kualitas, terkhusus untuk sektor penyerangan. Apalagi, sejumlah pemain depan PSM bakal absen pada laga resmi terdekat.

Ya, PSM bakal melakoni laga perdana penyisihan Grup H Piala AFC 2020 melawan Tampines Rovers, di Jalan Besar Stadium, Singapura, Rabu (12/02/20) nanti. Dimana pada laga itu, Hodak menyebut tak bisa memainkan dua pemain yang menjadi andalan di sektor penyerangan.

"Saya tidak bisa menggunakan Willy (Pluim) dan Ezra (sejak menit awal) pada laga uji coba tadi karena mereka tidak bisa tampil pada laga selanjutnya (vs Tampines Rovers). Tapi secara keseluruhan permainan kami sudah okelah," tutur pelatih sepakbola berpaspor Kroasia ini.

Adapun pada laga uji coba tadi, Hodak tetap menggunakan formasi 4-2-3-1 seperti pada dua leg play-off Piala AFC 2020 melawan klub Timor Leste, Lalenok United. Namun, yang menjadi pembeda ialah tak dimainkannya Pluim dan M Arfan sejak menit awal.

Sepertinya, Hodak telah mempersiapkan strategi apabila Pluim dan Arfan benar-benar tak dapat dimainkan melawan Tampines Rovers nanti.

Sebab, kedua gelandang PSM tersebut menerima kartu merah pada leg kedua play-off Piala AFC 2020 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (29/01/20) lalu.

Sementara Ezra Walian, belum diperbolehkan memperkuat PSM diajang Piala AFC 2020 dikarenakan administrasinya ditolak oleh AFC. Apa yang dialami penyerang naturalisasi tersebut sejatinya telah terjadi sejak play-off melawan Lalenok United lalu.

Susunan Pemain Inti PSM Makassar vs Bhayangkara FC:

(4-2-3-1): Miswar Saputra; Asnawi Mangkualam, Ahmad Agung, Hussein El Dor, Leo Guntara; Rasyid Bakri, Rizky Pellu; Bayu Gatra, Osas Saha, Ferdinand Sinaga; Giancarlo Lopes.