Liga Italia

Ulang Tahun ke-35, Ini Momen Indah Ronaldo di Juventus

Rabu, 5 Februari 2020 15:40 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tepat hari ini, Rabu 5 Februari 2020, Cristiano Ronaldo sang megabintang Juventus, berulang tahun ke-35. Sejak merumput di Serie A Liga Italia, momen-momen apa saja yang telah dilaluinya?

Sebelum meniti karier bersama Si Nyonya Tua, Ronaldo awalnya anak keempat dari keluarga biasa di Portugal. Lahir dari pasangan koki, Maria Dolores Spinola, dan Jose Dinis Aveiro yang adalah tukang kebun, bakat pesepak bolanya sudah muncul di usia muda.

Berawal dari bermain dengan tim amatir Andorinha dari tahun 1992 hingga 1995, Ronaldo yang berusia 14 tahun langsung masuk akademi sepak bola Sporting Lisbon. Di sinilah awal mula karier sang bintang mulai bersinar.

Tidak berselang berapa lama, dirinya pun langsung menjadi bagian raksasa Liga Inggris, Manchester United, di bawah kepelatihan Sir Alex Ferguson. Bersama seorang pelatih legendaris, kemampuan Ronaldo digembleng hingga menjadi pemain terbaik yang diperhitungkan se-Eropa.

Ronaldo pun melebarkan sayapnya ke kompetisi LaLiga Spanyol bersama Real Madrid. Selama sembilan tahun, sang bintang sukses menyumbang banyak trofi kemenangan, salah satunya gelar Liga Champions sebanyak empat kali.

Sesudah mencicipi Liga Inggris dan LaLiga Spanyol, Ronaldo pun langsung beralih ke klub Serie A Liga Italia, Juventus, pada 2018, tepat ketika dirinya berusia 32 tahun. Baru dua musim dengan Bianconeri, sepak terjang pemain ikonik nomor punggung tujuh itu tidak ada matinya.

Dalam beberapa kompetisi Serie A Liga Italia, Ronaldo mampu melakukan aksi bermain kelas dunia. Tidak hanya dari hal dribbling, pengendalian bola, dan tendangan luar biasa, dirinya pun sukses mencetak banyak rekor bersama Juventus.

Ketika pertama bergabung dengan Juventus saja, Ronaldo telah sukses meyumbang gelar Scudetto. Tidak jauh berbeda dengan sepak terjangnya sepanjang Serie A Liga Italia musim ini yang juga sukses membuat Bianconeri mendominasi puncak klasemen.

Hingga saat ini, telah memasuki usia kepala tiga dan mendekati 40 tahun, Ronaldo nampak masih belum ingin berhenti bermain sepak bola. Walaupun begitu striker Timnas Portugal tersebut nampak mengisyaratkan ingin mengakhiri karier sepak bolanya bersama Juventus dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan.