Liga Indonesia

Profil Klub Liga 1 2020: Tira-Persikabo, Pantang Terpuruk Lagi di Papan Bawah

Sabtu, 22 Februari 2020 20:05 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Profil Persikabo untuk Liga 1 2020. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Profil Persikabo untuk Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Berikut profil klub peserta Liga 1 2020, Persikabo, transformasi tim bermental prajurit yang siap memberi kejutan lagi meski sempat terseok di paruh kedua musim lalu.

Menjelang bergulirnya Liga 1 2020, sebanyak 18 tim tengah mempersiapkan diri demi meraih gelar juara, termasuk Persikabo yang di awal musim kemarin mampu menghadirkan kejutan.

Berbekal pemain yang kurang begitu terkenal, bahkan mereka terlebih dulu kehilangan top skor Liga 1 2018, Aleksandar Rakic, usai memutuskan hengkang ke Madura United awal musim 2019.

Meski kehilangan mesin gol andalan, Persikabo yang mayoritas berisi para prajurit TNI tak mau pasrah dan tampil angin-anginan sepanjang gelaran Liga 1 2019 kemarin.

Bermodalkan mental baja layaknya para tentara, pasukan Rahmad Darmawan kala itu berhasil menguasai tiga besar klasemen, bahkan sempat berdiri di puncak tabel Liga 1 2019 selama beberapa pekan.

Pada Liga 1 2019, klub yang masih menyandang nama Tira-Persikabo ini menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan hingga pekan ke-13. Mereka merengkuh delapan kemenangan dan lima hasil imbang.

Sayang, penampilan impresif Tira-Persikabo gagal dipertahankan setelah jeda kompetisi. Tercatat pada paruh kedua Liga 1 musim lalu, mereka cuma meraih satu kemenangan dari 18 laga dan menelan 10 kekalahan.

Penampilan buruk di paruh kedua membuat Tira-Persikabo harus puas mengakhiri musim di peringkat 15, alias satu strip dari zona degradasi. Jarak dengan Perseru Badak Lampung FC tepat di bawahnya pun cuma delapan angka.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Laga pertandingan Tira-Persikabo vs Persib Bandung pada Liga 1 2019, Sabtu (14/09/19). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTLaga pertandingan Tira-Persikabo vs Persib Bandung pada Liga 1 2019, Sabtu (14/9/19).

Berbekal pencapaian kurang memuaskan musim lalu, terutama pada paruh kedua yang sangat kontras hingga hampir terdegradasi, manajemen langsung melakukan perubahan besar di bursa transfer.

Manajemen Persikabo seakan tak mau jatuh dalam lubang yang sama. Menjelang kick-off Liga 1 2020, mereka bergerak cepat mencari pemain berkualitas, baik pemain inti ataupun pelapis, di bursa transfer.

Sejumlah pemain berhasil didatangkan, salah satunya Alex Goncalves yang punya catatan gemilang ketika berseragam Persela Lamongan musim lalu dengan raihan 17 gol dari 29 pertandingan.

"Belajar dari pengalaman, kami ingin semua pelapis Persikabo punya kualitas yang sama dengan para pemain starter. Semua ini dilakukan untuk menjaga posisi di papan atas klasemen Liga 1 nantinya," ucap ujar Direktur Pengembangan Bisnis klub, Rhendie Arindra, kepada awak media termasuk INDOSPORT.

Seperti yang telah diucapkan Rhendie Arindra, manajemen Persikabo bukan cuma mendatangkan pemain bintang, melainkan juga pelapis yang sama kualitasnya dengan pemain inti.

Salah satunya adalah Silvio Escobar, pemain naturalisasi tersebut diproyeksikan menjadi pelapis Alex Goncalves musim depan andai striker asal Brasil itu mengalami cedera atau mendapat akumulasi kartu.

Harapan tinggi langsung dilontarkan Silvio Escobar pasca resmi berseragam Persikabo, mantan penyerang Persija  Jakarta tersebut berharap bisa menghantarkan The Army lebih berprestasi musim depan.

"Kami memiliki harapan yang besar bermain di Persikabo, kami berusaha membawa tim ini berprestasi dan berharap semuanya dilancarkan," imbuh Silvio Escobar kepada INDOSPORT.

Melansir dari draft jadwal pertandingan Liga 1 2020 yang bergulir pada 29 Februari nanti, Persikabo bakal melakoni pertandingan cukup sengit pada dua pekan awal mereka.

Pekan pertama pada Senin (2/3/20), Persikabo akan berhadapan dengan Arema FC di partai kandang, sementara pekan kedua mereka bertandang ke Stadion Maguwoharjo untuk menghadapi tuan rumah PSS Sleman.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%