Liga Indonesia

Boleh Daftarkan 36 Pemain, Regulasi Baru Liga 1 Bikin Bali United Semringah

Jumat, 7 Februari 2020 15:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, memimpin latihan tim menjelang kick-off Liga 1 2020. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, memimpin latihan tim menjelang kick-off Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Bali United menyambut gembira regulasi Liga 1 2020 tentang jatah 36 pemain khusus untuk klub yang mentas di Piala AFC 2020. Dengan amunisi lebih banyak, mereka lebih tenang setiap kali menghadapi jadwal superpadat.

Terdapat empat kompetisi yang akan diikuti Bali United pada tahun ini. Selain Liga 1 dan Piala AFC, mereka juga berpartisipasi dalam ajang ASEAN Club Championship 2020 dan Piala Indonesia.

Piala AFC akan dimulai pada Selasa (11/2/20), lalu Liga 1 pada 29 Februari mendatang, sementara ASEAN Club Championship dan Piala Indonesia akan dimulai setelah itu.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, setuju dengan kebijakan ini. Regulasi 36 pemain memudahkan tim pelatih dalam menghadapi jadwal padat kompetisi Asia dan domestik.

"Pasti lebih bagus saat kami diperbolehkan punya pemain lebih. Hal ini bagus buat tim karena belum semua jadwal keluar. Kami baru punya draft Liga 1 dan Piala AFC. Kompetisi lain belum," ucap Teco, sapaan akrab Stefano Cugurra, Kamis (6/2/20).

Soal dihapusnya regulasi tujuh pemain U-23, Teco mengaku tak ingin terburu-buru membuat keputusan. Bali United enggan gegabah dengan menempuh kebijakan meminjamkan para pemain muda untuk mendatangkan pemain senior.

"Saya pikir setiap klub akan punya keputusan berbeda. Nanti kita juga bisa diskusi sama menejemen. Tapi, saya pikir mayoritas pemain yang benar-benar punya kualitas mungkin sudah dikontrak klub lain," tukas Teco.

Sekadar mengingatkan, Bali United berstatus juara bertahan Liga 1 yang lantas mengantarkan mereka berlaga di ajang Kualifikasi Liga Champions 2020 (turun ke Piala AFC) dan ASEAN Club Championship.