Liga Indonesia

Rekan Seangkatan Syamsir Alam di PSIS Semarang Ambil Lisensi B AFC

Jumat, 7 Februari 2020 20:09 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Lanjar Wiratri
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Salah satu staf pelatih PSIS Semarang yakni Achmad Resal akan mengambil kursus Lisensi B AFC di Kota Solo pada 10 – 22 Februari 2020 mendatang. Achmad Resal sendiri merupakan mantan pemain yang seangkatan dengan eks pesepakbola Indonesia, Syamsir Alam. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Salah satu staf pelatih PSIS Semarang yakni Achmad Resal akan mengambil kursus Lisensi B AFC di Kota Solo pada 10 – 22 Februari 2020 mendatang. Achmad Resal sendiri merupakan mantan pemain yang seangkatan dengan eks pesepakbola Indonesia, Syamsir Alam.

INDOSPORT.COM – Salah satu staf pelatih PSIS Semarang yakni Achmad Resal akan mengambil kursus Lisensi B AFC di Kota Solo pada 10 – 22 Februari 2020 mendatang. Achmad Resal sendiri merupakan mantan pemain yang seangkatan dengan eks pesepakbola Indonesia, Syamsir Alam.

Resal ingin mengambil lisensi B AFC karena ia ingin meningkatkan ilmunya di bidang kepelatihan setelah sebelumnya telah memiliki lisensi C.

“Alasan saya untuk ikut pastinya ingin meningkatkan ilmu kepelatihan saya,” tuturnya.

Dalam kursus lisensi B AFC mendatang, ia akan akan dibimbing oleh Bambang Nurdiansyah yang tak lain adalah atasan Resal di PSIS musim lalu. Pria yang juga berprofesi sebagai polisi ini sangat antusias akan bertemu dengan mantan atasannya tersebut.

“Beliau (red-Bambang Nurdiansyah) bukan hanya sekadar instruktur di kursus lisensi B besok, tetapi beliau seperti guru saya di lapangan dan bapak di luar lapangan. Alhamdulillah saya mendapat banyak ilmu dari beliau saat masih di PSIS dan kebetulan besok belajar lagi dengan beliau,” ujar Resal.

Sebelum memutuskan menggeluti karir di dunia kepelatihan, Resal sebenarnya salah satu pemain sepak bola berbakat di Indonesia karena pernah diberangkatkan PSSI untuk mengikuti program SAD di Uruguay. Pria yang kini berusia 26 tahun tersebut satu angkatan dengan Rizky Pellu dan Syamsir Alam.

Namun karena pernah ditempa cedera yang cukup serius, Achmad Resal akhirnya memilih gantung sepatu di usia muda dan melanjutkan karirnya di dunia kepelatihan. Kini ia menjadi salah satu staff pelatih di PSIS untuk membantu Dragan Djukanovic.

Dalam kursus lisensi B AFC besok, Resal akan berangkat bersama pelatih kiper PSIS I Komang Putra. Kedua orang ini juga telah mendapat restu dari manajemen klub untuk memperdalam ilmunya di dunia kepelatihan.