Liga Indonesia

Ada Simon McMenemy dan Fakhri Husaini, Ini Daftar Peserta Lisensi AFC Pro 2020

Minggu, 9 Februari 2020 18:38 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ada Simon McMenemy dan Fakhri Husaini, ini daftar peserta pengambilan lisensi AFC Pro 2020. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ada Simon McMenemy dan Fakhri Husaini, ini daftar peserta pengambilan lisensi AFC Pro 2020.

INDOSPORT.COM – PSSI kembali menggelar kursus diploma untuk mendapatkan lisensi kepelatihan AFC Pro di tahun 2020 ini. Sebelumnya, sudah ada 20 pelatih Indonesia yang mengantongi lisensi tersebut.

Sebagaimana diketahui, mulai kompetisi Liga 1 2020, setiap tim wajib menggunakan pelatih dengan minimal lisensi AFC Pro. Hal ini penting untuk menyesuaikan dengan regulasi dari AFC, agar tim Indonesia tidak mendapat masalah saat berlaga di kompetisi internasional.

Belajar dari kasus Bali United yang tak bisa didampingi pelatih Stefano Cugurra di kualifikasi Liga Champions Asia karena terkendala lisensi yang belum memenuhi syarat AFC, maka PSSI kini kembali menggelar kursus untuk meraih lisensi Pro.

Menariknya, tak ada nama Stefano Cugurra dalam daftar peserta pengambilan lisensi AFC Pro yang dirilis oleh PSSI pada hari ini, Minggu (09/02/20).

Hal yang lebih menarik, pelatih berkebangsaan Skotlandia yang pernah menukangi Timnas Indonesia, Simon McMenemy justru hadir dalam list peserta, bersama dengan sejumlah eks pelatih Timnas lainnya, yakni Fakhri Husaini dan Bima Sakti.

Masih ada nama-nama pelatih yang akrab dengan skuat Merah Putih, seperti Eko Purjianto dan Nova Arianto. Keduanya pernah dipercaya untuk menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia.

Selain itu, ada pula pelatih lokal dari klub Liga 1 yang kini merupakan satu-satunya juru taktik yang belum mengantongi lisensi AFC Pro, yakni Hendri Susilo dari tim Persiraja Banda Aceh.

Menilik proses pengambilan lisensi AFC Pro pada tahun 2019 lalu, setidaknya perlu kurang lebih satu tahun bagi tiap-tiap pelatih untuk menuntaskan kursus dan ujian, bahkan hingga harus terbang ke Spanyol untuk belajar dari tim Deportivo Alaves.

Berikut ini adalah daftar lengkap peserta pengambilan lisensi AFC Pro oleh PSSI di tahun 2020.

Herrie Setiawan

Eko Purjianto

Rasiman

Bima Sakti

Francis R Wewengkang

Uston Nawawi

Nova Arianto

Firmansyah

Satia Bagdja Ijatna

Ricky Nelson

Mahruzar Nasution

Fakhri Husaini

Hendri Susilo

Miftahudin

Jafri Sastra

Putu Gede

Kartono Pramdhan

Weliansyah

Kim Sam Kik (Republik Korea)

Maruful Kague (Bangladesh)

Subramani (Singapura)

Simon McMenemy (Skotlandia)