Liga Indonesia

Hak Jawab dan Klarifikasi Pemberitaan Bernada Provokatif Soal Persija dan Evan Dimas

Minggu, 9 Februari 2020 20:26 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Twitter/@StreamingGuiden/forumpersija.blogspot.com
Logo klub Liga 1, Persija Jakarta. Copyright: © Twitter/@StreamingGuiden/forumpersija.blogspot.com
Logo klub Liga 1, Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga 1 sekaligus kampiun edisi 2018, Persija Jakarta, keberatan dengan salah satu pemberitaan yang dianggap menyudutkan gelandang anyar mereka, Evan Dimas Darmono, Jumat (7/2/20).

Berita berjudul "Kisah 2 Putra Terbaik Surabaya yang 'Berkhianat' ke Klub Rival" ini dipublikasikan oleh INDOSPORT. Kami selaku pembuat konten mengakui adanya unsur provokatif yang bisa menyulut permusuhan serta berdampak negatif kepada pemain.

Pemberitaan ini juga dimuat dalam bentuk konten Instagram berjudul "2 Putra Terbaik Surabaya 'Berkhianat' yang diunggah oleh akun resmi INDOSPORT pada Sabtu (8/2/20). 

Dua konten tersebut telah memicu reaksi dari Persija Jakarta sebagai pihak yang merasa dirugikan, termasuk Pembina Klub, Ardhi Tjahjoko. Kami menyadari ada kesalahpahaman dan kelalaian atas pemberitaan yang pernah dibuat soal Andik Vermansah dan Evan Dimas Darmono.

Informasi itu pun sangat disayangkan oleh Persija. Sebab, seharusnya hal ini tidak terjadi dan sejatinya media menghindari pemberitaan yang berpotensi menimbulkan kegaduhan. 

Setelah kami beri ruang untuk klarifikasi dan hak jawab, media officer Persija, Dwi Putra, mengingatkan INDOSPORT tentang betapa pentingnya menjalankan fungsi media sebagai penyedia konten yang informatif tanpa unsur provokasi di dalamnya.

"Di sepak bola profesional sangat wajar pemain berpindah dari klub satu ke klub lainnya. Terjadi di belahan dunia mana pun. Kami berharap tidak ada lagi pemberitaan yang berisiko membuat kegaduhan," tegas Dwi Putra.

Bersama dengan berita ini, INDOSPORT ingin mengucapkan permohonan maaf kepada Persija, Evan Dimas, maupun pihak-pihak lain yang merasa dirugikan dengan pemberitaan serta konten di akun Instagram kami.