Liga Indonesia

Membelot ke Tim Lain, Ini 3 Pemain Asing Termahal Pada Bursa Transfer Liga 1

Minggu, 9 Februari 2020 16:25 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© ayobandung.com/Irfan Alfaritsi
Berikut ini tiga pemain asing termahal yang membelot ke tim lain menjelang kick-off Liga 1 2020 pada 29 Februari mendatang. Copyright: © ayobandung.com/Irfan Alfaritsi
Berikut ini tiga pemain asing termahal yang membelot ke tim lain menjelang kick-off Liga 1 2020 pada 29 Februari mendatang.

INDOSPORT.COM - Berikut ini tiga pemain asing termahal yang membelot ke tim lain menjelang kick-off Liga 1 2020 pada 29 Februari mendatang.

Apalagi saat ini Liga 1 masih memasuki masa bursa transfer pemain. Sehingga setiap peserta masih berburu pemain incaran sesuai kebutuhan klub.

Persiapan telah dilakukan jauh-jauh waktu agar tim bisa maksimal dalam menjalani ketatnya musim 2020. Sebagian juga telah ada yang menjalani uji coba.

Pertandingan uji coba dilakukan agar para pemain bisa semakin padu dengan skema yang diinginkan oleh para pelatih tiap klub Liga 1 2020.

Namun tak menutup kemungkinan ada perombakan pemain jelang kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia itu bergulir. Hal tersebut cukup wajar terjadi di dunia sepak bola.

Selain mengisi pemain lokal, para peserta Liga 1 diperbolehkan untuk mengontrak legiun asing sebanyak empat orang saja (tiga negara bebas dan satu dari Asia).

Namun ada hal menarik yang bisa ditelisik bersama akan komoditi panas perpindahan pemain Liga 1 2020. Terlebih mereka pasti memiliki harga pasar.

Lebih tepatnya ialah pemain asing yang cukup mahal usai pindah dari seuatu klub ke tim lain. Data ini diambil berdasarkan dari laman statistik sepak bola Transfermarkt.

1. Marc Klok

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Perkenalan secara resmi, Marc Anthony Klok sebagai pemain Persija Jakarta. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPerkenalan secara resmi, Marc Anthony Klok sebagai pemain Persija Jakarta.

Gelandang asal Belanda berdarah Indonesia Marc Klok menjadi salah satu pemain asing yang bisa disebut cukup mahal terkait harga pasanya menurut situs di atas.

Meski sempat memiliki kontrak jangka panjang dengan PSM Makassar, tetapi Marc Klok memilih menerima pinangan dari Persija Jakarta dan memiliki masa bakti hingga 2024.

Diketahui kalau harga pasarannya mencapai sekitar Rp6,7 miliar (475 ribu Euro) per 27 Desember 2019. Marc Klok juga dikabarkan telah mencapai tahap akhir dalam proses naturalisasi.

2. Makan Konate

© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Makan Konate diperkenalkan sebagai pemain baru Persebaya di kantor marketing Persebaya, Sabtu (01/02/20). Copyright: Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORTMakan Konate diperkenalkan sebagai pemain baru Persebaya di kantor marketing Persebaya, Sabtu (01/02/20).

Selanjutnya ada gelandang muslim asal Mali Makan Konate turut andil menjadi pemain asing termahal usai membelot ke tim lain jelang musim 2020 bergulir.

Makan Konate diketahui memiliki harga pasar hingga Rp7,1 miliar (475 ribu Euro) per 27 Desember 2019 menurut data yang tersaji dalam laman asal Jerman tersebut.

Konate baru saja hijrah ke Persebaya Surabaya usai menjalani satu setengah musim bermain untuk Arema FC di ajang Liga 1. Konate tak asing dengan dunia sepak bola Indonesia.

3. Ezechiel N'Douassel

Ezechiel N

Terakhir ada striker tajam asa Chad Ezechiel N'Douassel yang telah dua setengah musim bermain di Liga 1 dan menjadi pemain asing termahal usai pindah tim.

Ketika masih membela Persib pada 7 Agustus 2017 lalu, Ezechiel masih memiliki harga hingga Rp9,6 miliar (650 ribu Euro). Akan tetapi pas pindah klub harga pasarnya menurun.

Kini harga pasar Ezechiel mencapai Rp7,1 miliar (475 ribu Euro) per 27 Desember 2019 usai pindah ke Bhayangkara FC untuk menyambut musim 2020.