Liga Indonesia

Tak Disangka, Nenad Bacina Sudah Tahu PSM Makassar Sejak 20 Tahun Lalu

Senin, 10 Februari 2020 18:15 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
© Adriyan Adirizky Rahmat/INDOSPORT
PSM Makassar memperkenalkan asisten pelatih Nenad Bacina di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (10/2/20). Copyright: © Adriyan Adirizky Rahmat/INDOSPORT
PSM Makassar memperkenalkan asisten pelatih Nenad Bacina di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (10/2/20).

INDOSPORT.COM - PSM Makassar memperkenalkan asisten pelatih barunya untuk Liga 1 2020, Nenad Bacina. Rupanya, pria asal Kroasia ini sudah mengenal Pasukan Ramang sejak 20 tahun yang lalu saat merintis karier di Asia Tenggara.

Nenad Bacina yang telah memegang lisensi UEFA Pro direkomendasikan langsung oleh pelatih PSM, Bojan Hodak. Dia akan melengkapi jajaran tim kepelatihan bareng Herrie Setyawan, Syafril Usman, Bahar Muharram, dan Hendro Kartiko (pelatih kiper).

"Sejak 20 tahun lalu berkarier di Asia Tenggara, baik sebagai pemain ataupun pelatih, saya sudah sangat mengenal PSM Makassar. Saya tahu seperti apa sejarah besar klub ini," ungkap Bacina saat diperkenalkan secara resmi di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (10/2/20).

Asisten pelatih berusia 48 tahun ini juga membocorkan alasan dirinya mengikuti Bojan Hodak ke PSM. Sekadar informasi, Bacina juga merupakan asisten sang pelatih di klub raksasa Malaysia, Johor Darul Takzim, dan timnas Malaysia U-19.

"Saya sangat bangga menjadi bagian dari PSM, sebuah klub dengan rekam sejarah panjang dan telah berusia 104 tahun. Tentu saja PSM juga sudah menjadi klub yang sangat profesional," beber Nenad Bacina.

Untuk itu, Bacina berjanji akan bekerja maksimal di PSM. Ia berhasrat membawa Pasukan Ramang bersaing di papan atas demi meraih trofi Liga 1 2020 sekaligus menghadirkan musim tersukses baginya dan klub merah marun Sulawesi Selatan.

"Saya sangat berharap kami bisa melakukan itu. Tentu saja tak ada yang boleh dijanjikan dalam sepak bola, tapi dengan kerja keras, ekspektasi mungkin mendekati kenyataan. Semoga suporter terus menemani perjuangan kami sepanjang muim ini," tandas Nenad Bacina.

Nenad Bacina dikontrak PSM Makassar selama enam bulan ke depan. Namun, manajemen Pasukan Ramang bakal memberikan perpanjangan kontrak apabila hasil evaluasi kinerjanya memenuhi ekspektasi.

1