Liga Spanyol

Diuntungkan Format Baru Copa del Rey, Striker Bilbao 'Sindir' Barcelona dan Real Madrid

Selasa, 11 Februari 2020 07:39 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© CommunityWikia
Pemain sepak bola Athletic Bilbao, Aritz Aduriz, menyindir Barcelona dan Real Madrid saat membahas keuntungan yang diperoleh dari format baru di Copa del Rey. Copyright: © CommunityWikia
Pemain sepak bola Athletic Bilbao, Aritz Aduriz, menyindir Barcelona dan Real Madrid saat membahas keuntungan yang diperoleh dari format baru di Copa del Rey.

INDOSPORT.COM - Pemain sepak bola dari klub Athletic Bilbao, Aritz Aduriz, menyindir Barcelona dan Real Madrid saat membahas keuntungan yang diperoleh dari format baru di Copa del Rey Liga Spanyol 2019-2020.

Perhelatan Copa del Rey pada musim ini memang memiliki format yang berbeda dibandingkan sebelumnya. Sekarang, tim partisipan yang bisa berlaga maksimal 125 tim. Selain itu, semua pertandingan menggunakan sistem single match atau laga tunggal, kecuali semifinal.

Dengan hal ini, ternyata tim-tim kecil yang tak diunggulkan lebih berpeluang untuk bisa menang. Karena, makin banyak partisipan, makin besar pula peluang tim-tim underdog untuk bisa saling bersaing demi menumbangkan para raksasa LaLiga Spanyol seperti Barcelona, Real Madrid, Valencia, dan lain-lain.

Salah satu tim non-unggulan itu adalah Athletic Bilbao. Di perempatfinal pada Jumat, 7 Februari 2020 yang lalu, mereka sukses menumbangkan raksasa Barcelona di Stadion San Mames dengan skor 1-0. Ironisnya, gol tunggal itu adalah gol bunuh diri Sergio Busquets pada injury time menit ke-90+3.

Dengan prestasi dan format baru tersebut, Bilbao atau yang berjuluk Los Leones itu berhak melaju ke semifinal, lantaran semua laga di Copa del Rey hanya dilaksanakan satu kali di format baru ini. Sehingga, Bilbao bisa lanjut sementara Barcelona langsung tersingkir.

Hal ini tentu membuat mereka, yang bukan tim unggulan, merasa sangat bangga. Melansir dari laman portal berita olahraga Football Espana, striker Bilbao yang bernama Aritz Aduriz membahas hal ini dan mengatakan bahwa mereka sudah bosan melihat Barcelona dan Real Madrid yang sering juara.

"Format baru Copa del Rey ternyata memberikan dampak yang baik. Kami bosan melihat Barcelona dan Real Madrid menang terus. Dengan format baru ini, ada dinamika dan membuat kompetisi ini jadi lebih mirip seperti di Inggris," ujar Aduriz.

"Apakah kami bisa menjuarainya? Saya selalu mengharapkan hal itu. Itu adalah fantasi saya selama ini. Sekarang, kami mungkin memang berpeluang, tapi tetap saja sulit. Yang penting, kami harus berjuang untuk bisa meraihnya," pungkasnya.

Kompetisi sepak bola Copa del Rey sendiri di musim ini tinggal menyisakan tim-tim non-unggulan di semifinal. Mereka adalah Athletic Bilbao vs Granada yang akan bertanding pada Kamis, 13 Februari 2020 dan Real Sociedad vs Mirandes yang akan berlaga pada Jumat, 14 Februari 2020.