Liga Indonesia

Walikota Solo Jaminkan Diri, Uji Coba Persis vs Persib Bandung Bisa Terlaksana

Selasa, 11 Februari 2020 20:11 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Herry Ibrahim
© Ronald Seger Probowo/INDOSPORT
Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (kanan) saat meninjau stadion Manahan Solo bersama Ketum PSSI. Ia menjaminkan diri ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar laga uji coba Persis vs Persib bisa terlaksana. Copyright: © Ronald Seger Probowo/INDOSPORT
Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (kanan) saat meninjau stadion Manahan Solo bersama Ketum PSSI. Ia menjaminkan diri ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar laga uji coba Persis vs Persib bisa terlaksana.

INDOSPORT.COM - Laga uji coba antara Persis Solo melawan Persib Bandung di Stadion Manahan, Sabtu (15/02/20) malam akhirnya bisa terlaksana. Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo berani menjaminkan diri ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar pertandingan itu tetap terlaksana.

Sebelumnya, Menteri PUPR tak memberikan lampu hijau mengingat stadion yang baru selesai direnovasi itu masih dalam tahap perawatan. Apalagi, Stadion Manahan juga belum diresmikan pascarenovasi yang menelan anggaran sekitar Rp300 miliar tersebut.

Tak ingin rangkaian pertandingan dalam rangkaian HUT Kota Solo dan Pasoepati buyar, semua pihak akhirnya bergerak cepat. Rudy berkomunikasi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, dan Ketua Panpel Sengkut Pandega memberikan surat langsung ke kementerian.

"Via telepon saya sudah matur (bicara) ke Bapak Menteri PUPR untuk memohon izin pemakaian pertandingan pada tanggal tersebut. Kemudian Bapak Menteri izinkan," ungkap Rudy, Selasa (11/02/20).

"Saya sampaikan selain menjadi ajang pertandingan persahabatan. Momen ini adalah ajang uji coba lapangan, pemain, dan pembelajaran untuk suporternya," tambah dia.

Pihaknya ikut berpesan agar seluruh penonton, suporter, dan masyarakat Solo pada umumnya untuk sadar menjaga kondusivitas, keamanan, dan kebersihan di area Stadion Manahan. Laga uji coba Persis melawan Persib, berkaitan dengan perayaan hari jadi Kota Solo yang ke-275 dan Pasoepati yang ke-20.

"Perlu diketahui, bahwa sampai nanti diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, penggunaan Stadion Manahan seutuhnya menjadi kewenangan dari Kementerian PUPR. Pemkot Surakarta tidak mempunyai kewenangan atas izinnya," tegas politisi PDI Perjuangan tersebut.