Bola Internasional

Termasuk Ancaman Virus Corona, Ini 3 Fakta Jelang Laga Tampines Rovers vs PSM Makassar

Rabu, 12 Februari 2020 08:59 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Media PSM Makassar
PSM Makassar bakal segera memulai petualangannya di Piala AFC 2020 kala bertandang ke markas Tampines Rovers di Grup H Piala AFC, Rabu (12/02/20). Copyright: © Media PSM Makassar
PSM Makassar bakal segera memulai petualangannya di Piala AFC 2020 kala bertandang ke markas Tampines Rovers di Grup H Piala AFC, Rabu (12/02/20).

INDOSPORT.COM - PSM Makassar bakal segera memulai petualangannya di Piala AFC 2020 kala bertandang ke markas Tampines Rovers di Grup H Piala AFC 2020, Rabu (12/02/20). 

Walau di atas kertas diunggulna, pertandingan ini diyakini tak akan berjalan mudah bagi Juku Eja. Tuan rumah dinilai merupakan salah satu klub terbaik di Singapura dan sempat mencicipi kualifikasi Liga Champions Asia.

Meski demikian, pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, mengatakan PSM Makassar juga telah melakukan persiapan secara matang. Apalagi, tim Juku Eja punya tambahan tiga pemain baru yakni Yakub Sayuri, Ronie Beroperay dan Serif Hasic.

Untuk menyambut duel sore nanti, berikut ini kami rangkum tiga fakta menarik jelang pertemuan Tampines Rovers vs PSM Makassar. 

1. Bukan Kunjungan Pertama

Sejak era Liga 1, penampilan PSM Makassar di Stadion Jalan Besar, Singapura, bukanlah yang pertama kalinya. 

Walau belum pernah berjumpa Tampines Rovers, namun PSM Makassar pernah bermain di markas tim juara Singapura itu, tepatnya kala melawan Home United di Piala AFC 2019 silam. 

Ya, Home United merupakan tim Singapura yang juga bermarkas di Stadion Jalan Besar. Stadion berumput sintetis ini sama-sama digunakan Home United dan Tampines Rovers saat menjamu lawan-lawannya baik di Piala AFC maupun Liga Singapura. 

2. Ancaman Virus Corona

Kepergian pemain PSM Makassar ke Singapura dihantui oleh ancaman Virus Corona. Sejak kedatangan di bandara, para pemain dan ofisial diwajibkan mengenakan masker. 

Seperti diketahui, Singapura merupakan salah satu negara yang sudah terdampak virus Corona. Sebagai antisipasi, para pemain dan staf PSM Makassar pun harus menjalani pemeriksaan temperatur tubuh sebelum masuk ke stadion.  

Aturan ketat membuat pemain, ofisial, dan bahkan penonton tak diizinkan masuk ke stadion apabila hasil pemeriksaan temperatur tubuh melewati 38 derajat ke atas. 

3. Dominasi Tim Indonesia

Klub asal Indonesia memiliki catatan baik ketika bermain melawan wakil Singapura, terutama saat berlaga di Stadion Jalan Besar. 

Dari empat pertemuan terakhir di Singapura, tim Indonesia mencatatkan tiga kali menang dan satu kali seri. tiga kemenangan didapat saat Persija menundukkan Tampines Rovers 2-4 di Piala AFC 2018. 

Kemudian berlanjut ketika Persija menang 1-3 atas Home United di kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) 2019 dan saat Bali United menang 5-3 atas Tampines Rovers di kualifikasi LCA 2020. 

Sedangkan satu hasil imbang didapatkan ketika PSM Makassar ditahan 1-1 oleh Home United pada Piala AFC 2018. 

1