Liga Spanyol

Derbi Basque Siap Gantikan El Clasico di Final Copa del Rey

Rabu, 12 Februari 2020 14:45 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Isman Fadil
© Quality Sport Images/Getty Images
Athletic Bilbao dan Real Sociedad siap tampil di final Copa del Rey demi laga bertajuk Derbi Basque. Copyright: © Quality Sport Images/Getty Images
Athletic Bilbao dan Real Sociedad siap tampil di final Copa del Rey demi laga bertajuk Derbi Basque.

INDOSPORT.COMAthletic Bilbao dan Real Sociedad siap tampil di final Copa del Rey demi laga bertajuk Derbi Basque. Kedua klub ini berhasil melaju ke semi-final setelah mereka masing-masing sukses menghentikan langkah Barcelona dan Real Madrid.

Kemungkinan besar mereka berdua dapat bertemu di final Copa del Rey, pasalnya lawan yg akan mereka hadapi di semi-final terhitung bukanlah lawan yang sulit. Bilbao akan menghadapi Granada, sedangkan Sociedad akan bertemu Mirandes, kuda hitam di Copa del Rey musim 2019/20 ini.

Dilansir dari The National, Bilbao berhasil mengandaskan mimpi Quique Setien untuk mendapatkan trofi mayor pertamanya bersama Barcelona. Sedangkan Sociedad berhasil memberikan perlawanan sengit yang berujung kekalahan untuk Real Madrid.

Kedua klub ini terbilang unik, pasalnya baik Bilbao maupun Sociedad sama-sama menerapkan rekrutmen ketat untuk para calon pemain mereka. Mereka hanya mau mengambil pemain yang berasal dari Provinsi Basque maupun mempunyai darah Basque.

Namun, hanya Bilbao yang sampai saat ini masih menerapkan kebijakan yang sangat bertolak belakang dengan industri sepak bola dewasa ini. Sedangkan Sociedad sudah meninggalkan model rekrutmen seperti itu pada dekade 1980-an.

Tetapi hingga saat ini, kedua klub ini masih mengandalkan barisan pemain muda mereka sebagai tulang punggung klub. Sociedad diisi oleh Mikel Oyarzabal, Mikel Odegaard, Alexander Isak, dan Adnan Januzaj.

Sedangkan Bilbao mempunyai Inaki Williams yang berhasil membuat Gerard Pique tampak seperti anak-anak sekolah sepakbola ketika mereka bertemu di perempatfinal Copa del Rey kemarin.

Diprediksi, Derbi Basque yang akan berlangsung besok di final Copa del Rey akan berlangsung seru dan menarik. Duel antara Bilbao dan Sociedad tersebut juga akan menjadi pengingat jika sepakbola Basque pernah berjaya di LaLiga Spanyol medio tahun 1980-an lewat kedua klub tersebut.