Liga Spanyol

Mirandes dan Penantian Keajaiban Copa del Rey Delapan Tahun Silam

Rabu, 12 Februari 2020 15:57 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Quality Sport Images/Getty Images
Siapa sebenarnya Mirandes? Kuda hitam yang masih bertahan hingga semi-final dan memiliki asa untuk bisa tampil di final. Copyright: © Quality Sport Images/Getty Images
Siapa sebenarnya Mirandes? Kuda hitam yang masih bertahan hingga semi-final dan memiliki asa untuk bisa tampil di final.

INDOSPORT.COMCopa del Rey musim 2019/2020 adalah salah satu yang terunik sepanjang sejarah penyelenggaraannya. Di babak semifinal sekarang, tidak terdapat nama-nama yang biasanya menjadi langganan seperti Barcelona, Real Madrid, Valencia, Sevilla, dan Atletico Madrid.

Kini, nama-nama seperti Granada, Athletic Bilbao, Real Sociedad, dan Mirandes mewarnai persaingan Copa del Rey. Nama yang terakhir menjadi satu nama yang cukup asing buat pecinta LaLiga Spanyol atau sepak bola Spanyol pada umumnya.

Lalu siapa sebenarnya Mirandes, klub Segunda Division atau kasta kedua Liga Spanyol yang dijuluki Kuda hitam yang masih bertahan hingga semifinal dan memiliki asa untuk bisa tampil di final sekaligus meraih trofi Copa del Rey pertama sepanjang sejarah klub itu?

Jalan Mirandes yang saat ini berlaga di Divisi Segunda ke semifinal Copa del Rey tidak bisa dianggap mudah. Mereka harus mengalahkan klub-klub yang berada di LaLiga Spanyol yang tentu saja memiliki skuat yang lebih berbahaya dibandingkan mereka.

Tercatat Celta Vigo, Sevilla, dan Villarreal harus mengakui keunggulan Mirandes meskipun ketiga klub LaLiga Spanyol tersebut memiliki skuat yang jauh lebih baik dari mereka. Sevilla dan Villarreal bahkan harus takluk dengan selisih gol lebih dari satu.

Musim 2019/2020 ini adalah musim yang menyenangkan untuk Mirandes. Berhasil kembali tampil di Divisi Segunda, mereka saat ini punya kans untuk mencatatkan sejarah dan menunjukkan jika magis sepak bola masih tersisa di tengah-tengah laju komersialisasi yang pelan-pelan membunuh kesenangan para pencinta sepak bola.

Dilansir dari 90min, cerita manis Mirandes saat ini sebenarnya semacam pengulangan dari kisah ajaib mereka yang saat itu masih berada di kasta ketiga sepakbola Spanyol. Mereka mampu mencapai semi-final Copa del Rey musim 2011/2012, termasuk saat berhasil mengalahkan Villarreal di putaran keempat.

Sayang, langkah mereka kala itu terhenti di fase semifinal usai kalah dari Athletic Bilbao dengan agregat yang cukup telak, 3-8.

Saat ini, Mirandes kembali menguncangkan jagad sepak bola. Apakah Sociedad mampu membuat menghindari determinasi dan kejutan yang akan diberikan oleh anak-anak asuhan Andoni Iraola? Atau Mirandes mampu mencatatkan sejarah dengan tampil di final dan mulai bermimpi untuk bisa mengangkat trofi Copa del Rey musim ini? Patut ditunggu kelanjutannya.